sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PUPR siapkan 16 RSD Covid-19 di 7 daerah

RSD Covid-19 di Jakarta yang sedang disiapkan mencakup Rusun Pasar Rumput, Asrama Haji Pondok Gede, dan Gedung PKIA Kiara RSCM.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 21 Jul 2021 11:56 WIB
PUPR siapkan 16 RSD Covid-19 di 7 daerah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyiapkan tambahan sedikitnya 16 rumah sakit darurat (RSD) Covid-19 di tujuh kota. Perinciannya, Jakarta, Bandung, DIY, Semarang, Solo Raya, Surabaya, dan Bali.

"Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit. Contohnya Asrama Haji di Pondok Gede yang terdiri dari lima gedung yang telah diubah menjadi rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19 dengan total hampir 900 tempat tidur (TT)," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

RSD Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, telah beroperasi secara bertahap sejak Jumat (16/7) lalu. Sebanyak dua dari lima gedung di antaranya akan dimanfaatkan untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Selain Asrama Haji Pondok Gede, juga tengah disiapkan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput dan Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, sebagai RSD Covid-19.

Rusun Pasar Rumput memanfaatkan tiga menara dengan kapasitas 5.952 TT. Sedangkan di Gedung PKIA Kiara, melansir situs web Sekretariat Kabinet (Setkab), bakal terdapat 394 TT.

Juru bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, menambahkan, pengerjaan RSD Covid-19 di RSCM ditargetkan selesai dalam tiga minggu ke depan. “Paling lambat."

Selain itu, 2 fasilitas di Bali dan 4 fasilitas di DIY. Kemudian, 3 fasilitas di Bandung, yang diperkirakan beroperasi mulai hari ini (Rabu, 21/7).

Sementara di Surabaya, Kementerian PUPR tengah menyiapkan RS Indrapura untuk menjadi layanan pasien Covid-19. Diperkirakan renovasi rampung pada awal Agustus. “Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan fasilitas isolasi dan perawatan Covid-19 di Semarang dan Solo Raya yang diperkirakan dapat beroperasi mulai Kamis, 22 Juli 2021," imbuhnya.

Sponsored

Sebagai langkah antisipasi, Kementerian PUPR siap untuk terus mengonversi bangunan lain di luar Jawa-Bali menjadi RSD Covid-19. Sejak awal pandemi, terdapat beberapa RSD yang beroperasi, seperti RS Pulau Galang, Kepulauan Riau; Wisma Atlet Kemayoran; RSUD Lamongan dan RS UMM, Jawa Timur; dan RS Akademik UGM, DIY.

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB