sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Relawan non-medis telah dikerahkan bantu penanganan Covid-19 

Relawan non-medis sudah mengikuti program pelatihan.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 16 Apr 2020 11:48 WIB
Relawan non-medis telah dikerahkan bantu penanganan Covid-19 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Penanganan Covid-19 perlu kerja sama dan sinergi yang dilakukan lembaga formal dan masyarakat. Relawan non-medis, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah mulai diterjunkan untuk membantu para medis menangani warga yang terinfeksi.

"Untuk di beberapa rumah sakit, milik kementerian sudah diturunkan (relawan non-medis), untuk bisa menjadi rujukan penanganan ODP dan PDP," kata Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian, saat konfrensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (16/4).

Seiring dengan itu, Andre mengungkapkan, pihaknya juga telah memulai program pelatihan terhadap relawan non-medis. Hal itu, dilaksanakan dengan didampingi oleh Badan PPSDM Kesehatan.

"Kami, sudah lakukan pelatihan secara online kemarin, dan ini kami harapkan agar menjadi gugus terdepan dalam memutus penyebaran Covid-19," tuturnya.

Sponsored

Terkait relawan medis, Andre mengaku, masih membuka pendaftaran. Pasalnya, gugus tugas kekurangan tenaga medis untuk mengatasi percepatan penanganan Covid-19.

"Kami mencoba mengajak relawan medis, untuk terus mendaftar karena kebutuham dari rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat ini terus masuk, dan memang kebutuhannya pada umumnya dokter dan perawat," tandas Andre.

Untuk diketahui, total relawan yang telah terdartar sebanyak 23.472 orang. Dari jumlah tersebut, 4.401 orang termasuk relawan medis. Sedangkan, 19.071 orang termasuk relawan non-medis.

Berita Lainnya