sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

RI kembali kirim bantuan penanganan Covid-19 ke India

Indonesia kirim 200 unit oksigen konsentrator ke India siang ini.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Rabu, 12 Mei 2021 12:56 WIB
RI kembali kirim bantuan penanganan Covid-19 ke India

Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk penanganan pandemi Covid-19 untuk India. Bantuan tersebut dikirim siang ini, Rabu (12/5) pukul 14.00 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India,” ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten saat pelepasan bantuan.

Bantuan RI yang akan dikirimkan ke India kali ini berupa 200 unit oksigen konsentrator. Sebelumnya pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke negara tersebut pada 10 Mei lalu.

Menlu menyampaikan, bantuan kemanusiaan tersebut merupakan wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. "Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi COVID-19,” ucap Menlu mengutip laman Setkab.

Sponsored

India saat ini tengah menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19 yang lebih berat dibandingkan gelombang pertama. Sejak awal pandemi, India telah melaporkan 21,49 juta kasus dan 234.083 kematian, dan menjadikan kasus Covid-19 India sebagai peringkat kedua setelah Amerika Serikat. 

Terdapat 3,6 juta kasus aktif di India dan bahkan dalam sepekan terakhir, telah dilaporkan tambahan 1,57 juta kasus baru dan lonjakan tinggi jumlah kematian harian.

Berita Lainnya