sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ribuan tiket mudik lebaran gratis BUMN masih ada

Sejumlah BUMN menggelar mudik gratis bagi masyarakat dari berbagai kota di Indonesia. Apa syarat dan ketentuannya?

Sukirno
Sukirno Senin, 28 Mei 2018 00:00 WIB
Ribuan tiket mudik lebaran gratis BUMN masih ada

Sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) menggelar mudik gratis bagi masyarakat dari berbagai kota di Indonesia. Apa syarat dan ketentuannya?

PT Pegadaian (Persero), salah satu perusahaan BUMN, menyiapkan 45 unit bus ke berbagai kota tujuan dan 250 tiket kapal Pelni tujuan Surabaya untuk membantu nasabah merayakan lebaran di kampung halaman.

"Program mudik bareng Pegadaian ini merupakan implementasi program BUMN hadir untuk negeri yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat," kata Direktur Operasi dan Pemasaran Pegadaian, Damar Latri Setiawan, dilansir Antara, Minggu (27/5).

Damar memerkirakan jumlah pemudik yang mengikuti program "Mudik Bareng BUMN Bersama Pegadaian" ini sebanyak 1.776 orang. Calon pemudik akan diberangkatkan dari Jakarta menggunakan 22 bus dengan tujuan berbagai kota di Pulau Jawa, serta 250 tiket kapal jurusan Jakarta-Surabaya.

Pegadaian juga akan memberangkatkan masing-masing delapan bus bagi masyarakat yang akan pulang kampung di Manado dan Makassar, serta tujuh bus di Medan.

Peserta dari Jakarta, Medan dan Makassar akan diberangkatkan pada hari Jumat, 8 Juni 2018 menuju kota tujuan. Sementara itu, peserta dari Medan akan diberangkatkan pada hari Minggu, 10 Juni 2018.

Pendaftaran calon peserta mudik sudah dibuka sejak 2 Mei 2018 di seluruh kantor cabang pelaksana mudik bareng di Jakarta, Medan, Manado dan Makassar.

Ada pun syarat mengikuti program ini sangat mudah, masyarakat cukup tercatat sebagai nasabah aktif Pegadaian yang dibuktikan dengan menunjukkan Surat Bukti Gadai/Rahn, Surat Bukti Akad Kreasi/Arrum Haji, Krasida/Arrum Emas, atau Produk Mulia dan Amanah.

Sponsored

Kesempatan ikut mudik bareng ini juga terbuka untuk UMKM yang menjadi mitra binaan Pegadaian.

Peserta mudik bareng dapat menyertakan keluarganya dengan jumlah maksimal tiga orang untuk tiap peserta. Syarat administratif yang harus dilampirkan saat pendaftaran cukup fotokopi KTP elektronik dan Kartu Keluarga.

Perusahaan pelat merah lainnya, PT Pertamina (Persero) Marketing Operasional Regional (MOR) VII menyiapkan 3.878 tiket mudik gratis untuk pemudik Makassar yang dikemas dalam Program Pertamina Bareng-Bareng Mudik 2018.

"Tiket gratis ini kami siapkan ke empat daerah tujuan, yaitu Lewoleba, Surabaya, Bau-bau, dan Balikpapan," kata Unit Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina MOR VII M Roby Hervindo di Makassar.

Roby menjelaskan, kuota yang diberikan bagi keempat rute mudik gratis BBM 2018 ini yakni Makassar-Lewoleba waktu tempuh 27 jam untuk 700 orang, Makassar-Bau Bau (18 jam) untuk 778 orang, Makassar-Surabaya (32 jam) 1.200 orang, dan Makassar-Balikpapan (17 jam) 1.200 orang.

"Seluruh pemudik ini nantinya akan diberangkatkan menggunakan Kapal Laut Pelni melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar," jelasnya.

Roby menambahkan, kegiatan Pertamina Bareng-Bareng Mudik 2018 ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Pertamina bagi mitra kerja dan konsumen setia Pertamina yang telah mendukung bisnis perusahaan dan berkontribusi bagi kemajuan perseroan.

"Khusus di tahun ini kita juga akan berangkatkan mitra binaan CSR Pertamina sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa mereka selama ini," ujar Roby.

Progam ini, kata dia, juga sebagai bentuk dukungan Pertamina untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan nyaman dan aman, sekaligus diharapkan bisa mengurangi kamacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Adapun untuk pemberangkatan dari Kota Makassar ini, pendaftaran Bareng-Bareng Mudik 2018 telah dibuka mulai tanggal 21-31 Mei 2018, di Sport Center (GOR) Kantor Pertamina MOR VII Jl Garuda No. 1 Makassar, mulai pukul 09.00-16.00 WITA.

"Syaratnya mudah untuk perorangan cukup isi formulir dan bawa fotocopy KTP. Sedangkan untuk keluarga, sertakan fotocopy KTP kepala keluarga dan fotocopy KK (Kartu Keluarga) untuk anggota keluarga yang akan mudik," pungkasnya.

Arus mudik (Antara Foto)

Tiket mudik ludes

Sebanyak 1.000 tiket mudik gratis yang disediakan dua BUMN, PT Pelni (Persero) dan PT Inalum (Persero) rute Batam-Karimun-Medan habis dibagikan kepada masyarakat.

Manager PR dan CSR PT Pelni (Persero) Akhmad Sujadi melalui pesan singkat di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu, mengatakan 1.000 tiket gratis itu habis dalam dua hari, Jumat (25/5) dan Sabtu (26/5).

Pada Jumat, tiket yang dibagikan sebanyak 780 dan Sabtu pagi, sebanyak 220 lembar tiket. "Pelayanan 1.000 tiket KM Kelud Batam-Belawan pada Mudik Bareng BUMN dari PT Inalum telah selesai dengan aman, lancar, terkendali," kata dia.

KM Kelud yang membawa 1.000 penumpang itu direncanakan berangkat pada Senin (11/6) melalui Terminal Batuampar.

Sujadi memastikan tiket mudik Pelni itu gratis, tanpa biaya apapun karena sudah dibayar PT Inalum untuk dibagikan gratis kepada 1.000 orang.

Selain tiket gratis, pemudik juga akan mendapatkan kaus, topi dan tas berisi kenang-kenangan lain dari BUMN penyelenggara, PT Inalum. "Kaus dan tas berisi kenang-kenangan akan dibagikan sebelum berangkat," tambah dia.

Sementara itu, warga Batam, Rahma menyatakan sangat terbantu dengan program Mudik Bareng BUMN itu.

"Sudah lama ingin pulang, tapi tidak pasti karena keterbatasan uang, syukur bisa dapat tiket gratis," kata dia.

Untuk pendaftaran mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, dapat dilakukan di sini.