sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Siap jadi relawan uji vaksin Covid-19, RK: Kita butuh 1.100 lagi

Pendaftar relawan uji vaksin Covid-19 sudah 500 orang.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Senin, 03 Agst 2020 21:35 WIB
Siap jadi relawan uji vaksin Covid-19, RK: Kita butuh 1.100 lagi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 275213
Dirawat 61813
Meninggal 10386
Sembuh 203014

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) menyatakan dirinya dan para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat siap menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac asal China.

"Jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan Forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar itu, di Kota Bandung, Jabar, Senin (3/8).

Gubernur sapaan Kang Emil itu berharap kesediaan dirinya dan Forkopimda Jabar menjadi relawan dapat menambah keyakinan uji vaksin oleh BUMN PT Bio Farma itu berlangsung lancar.

"Insyaallah rakyatnya juga akan meyakini proses vaksin ini berjalan dengan lancar," katanya.

Hingga saat ini pendaftar relawan vaksin sudah mencapai 500 orang dari total 1.600 orang yang dibutuhkan. "Sekitar 500-an orang, kita butuh 1.100 lagi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada mereka yang usianya sesuai kriteria (20 hingga 59 tahun), untuk menjadi relawan," ucapnya.

Untuk diketahui, proses uji klinis vaksin Sinovac sudah memasuki fase 3. Tahap ini akan berjalan selama enam bulan atau hingga akhir 2020. Jika berjalan lancar, vaksin Sinovac akan mendapat izin edar dan diproduksi massal di awal 2021.

Perjalanan mengatasi pandemi Covid-19 ini, kata Kang Emil, masih panjang karena uji klinis vaksin ini akan memakan waktu sampai akhir tahun.

"Sambil menunggu enam bulan itu tiba, maka pengetesan dan kedisiplinan memakai masker adalah cara untuk mengurangi persebaran," katanya, melansir laman resmi Pemprov Jabar.

Sponsored

Untuk itu, pihaknya menerapkan denda bagi warga yang tidak menggunakan masker di ruang publik. Sanksi tersebut telah disosialisasikan dan berlaku minggu ini.

Berita Lainnya
×
img