sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ridwan Kamil sindir Rizieq Shihab soal Covid-19

Bagi Emil, tokoh publik atau pimpinan komunitas semestinya terbuka jika terpapar Covid-19 lantaran banyak berinteraksi dengan berbagai pihak

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 02 Des 2020 07:42 WIB
Ridwan Kamil sindir Rizieq Shihab soal Covid-19

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, meminta pimpinan suatu kelompok ataupun tokoh publik secara terbuka mengumumkan secara jujur tentang kondisi kesehatannya, terutama jika terpapar Covid-19. Pangkalnya, mereka berinteraksi dengan banyak orang.

Pernyataan tersebut secara tersirat menyindir pendiri Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, lantaran menolak menyampaikan hasil tes usap (swab test) kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bogor. Pun mengapresiasi sikap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, yang menyampaikan kepada publik bahwa terinfeksi SAR-CoV-2.

"Sebaiknya semua pemimpin komunitas, tokoh publik, yang seharusnya memberikan pengumuman resmi karena tokoh publik itu banyak interaksi dengan bawahannya, followers-nya, dan lain-lain. Sehingga, tidak bisa masuk kategori yang rahasia pasien," ucapnya, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Lantaran tidak kooperatif, Satgas Covid-19 Kota Bogor lantas melaporkan Rizieq kepada kepolisian. Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dia terancam dikenakan Pasal 212 dan 216 KUHP.

Sponsored

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, sikap terbuka tersebut penting sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan Covid-19. Terutama kepada pihak-pihak yang pernah berinteraksi dengannya.

Bekas Wali Kota Bandung ini lantas mendoakan Anies hingga Said Aqil segera pulih. Dengan demikian, bisa kembali memimpin dan bertugas.

“Saya mendoakan semoga Gubernur Anies lekas pulih, bisa memimpin lagi secara maksimal. Doa saya juga kepada Pak Wagub, Pak Riza; Pak Said Aqil Siradj selaku Ketua NU; dan tokoh-tokoh publik lainnya yang memang minggu-minggu ini mengumumkan secara terbuka,” tandasnya.

Berita Lainnya