sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Risiko penularan Covid-19 saat rapid test harus diantisipasi

Ada kemungkinan masyarakat yang akan dites Covid-19 lalai.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 24 Mar 2020 14:43 WIB
Risiko penularan Covid-19 saat rapid test harus diantisipasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2092
Dirawat 1751
Meninggal 191
Sembuh 150

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah untuk proaktif mempersiapkan diri menghadapi dan mencegah meluasnya penularan coronavirus (Covid-19).

Mantan Kapolri ini juga mengimbau gubernur dan bupati segera membubarkan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Kepala daerah juga diminta untuk mengantisipasi kemungkinan penularan Covid-19 saat dilakukan tes cepat massal atau rapid test.

“Ada kemungkinan petugas kesehatan dan masyarakat yang akan dites lalai, bergerombol dan tak mematuhi prosedur saat rapid test berlangsung," kata Tito dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (24/5).

Oleh sebab itu, tambah dia, kepala daerah dan petugas dinas kesehatan ditekankan harus melakukan pencegahan, agar rapid test tidak dilaksanakan secara berkerumun. Selain itu, juga melengkapi diri dan sarana lokasi tes dengan peralatan guna mencegah penularan virus tersebut.

Perlengkapan yang dimaksud adalah sarung tangan, masker, dan penyanitasi tangan. Selain itu, dia meminta peserta rapid test Covid-19 harus menjaga jarak aman.

"Minimal jarak per meter antar orang yang menunggu giliran dites harus 1,5 meter," ujar Tito.

Dia mengingatkan kelompok utama yang perlu melakukan rapid test adalah petugas medis, seperti dokter, perawat, petugas rumah sakit rujukan Covid-19 beserta keluarganya.

Sponsored

"Kelompok ini harus diutamakan dengan tujuan untuk menjaga kondisi kesehatan mereka karena merekalah yang menjadi ujung tombak perawatan, mitigasi, dan penanggulangan Covid 19," ujar dia.

Mendagri Tito juga sudah menginstruksikan jajarannya untuk berkordinasi sesegera mungkin dengan daerah agar mematuhi prosedur rapid test yang aman sesuai pedoman Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19.

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sabtu, 04 Apr 2020 13:20 WIB
Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Jumat, 03 Apr 2020 13:12 WIB
Berita Lainnya