sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Risma wanti-wanti anak buah disiplin dan jaga integritas

"Bila kita salah mengetik angka, maka bisa berakibat kerugian negara sangat besar."

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 03 Mei 2021 19:07 WIB
Risma wanti-wanti anak buah disiplin dan jaga integritas

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, meminta segenap anak buahnya disiplin dan menjaga integritas, khususnya dalam mengelola data. Pangkalnya, kesalahan kecil akan berakibat fatal.

"Bila kita salah mengetik angka, maka bisa berakibat kerugian negara sangat besar," ujarnya saat menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas para Tenaga Ahli di Kantor Kementerian Sosial (Kemensos), Jakarta, Senin (3/5).

Penandantanganan Pakta Integritas melibatkan 60 petugas pengelola data di lingkungan Kemensos. Kegiatan turut dihadiri pejabat Mabes Polri dan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi.

Risma menerangkan, acara ini tidak main-main. Kegiatan tersebut bagian dari prosedur untuk mendapatkan sertifikat ISO dalam pengamanan IT.

"Ini adalah salah satu prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan ISO. Harus disaksikan oleh kejaksaan dan Polri," jelas politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, melansir situs web Kemensos.

Bekas Wali Kota Surabaya ini menambahkan, pengelolaan data dan anggaran pemerintah tak sekadar melibatkan teknologi. Namun, juga harus memperhatikan kualitas manusia yang menggerakkannya. "Tidak hanya bisa menggerakkan alat."

“Karena itu," sambung Risma, "saya pesan agar kegiatan penandatanganan Pakta Integritas ini berlangsung supaya kita semua harus hati-hati, tidak ceroboh."

Kata Risma, umur manusia tidak ada yang tahu. Karenanya, pegawai Kemensos harus memberikan yang terbaik.

Sponsored

"Percayalah, bahwa Tuhan pun tidak akan tidur. Suatu saat kalau kita baik, maka Tuhan akan menyaksikan," tandasnya.

Berita Lainnya