sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rizieq Shihab: Setop kegaduhan, bangun kedamaian!

Habib Rizieq Shihab dipindahkan ke Rutan Bareskrim Polri tanpa pakaian tahanan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 14 Jan 2021 15:40 WIB
Rizieq Shihab: Setop kegaduhan, bangun kedamaian!
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Muhammad Rizieq Shihab menegaskan tetap memegang teguh revolusi akhlak yang diusungnya. Hal itu disampaikan pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu saat tiba di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Kamis (14/1) pukul 15.05 WIB.

Rizieq Shihab mememinta seluruh pihak agar menghentikan kegaduhan yang selama ini terjadi. Dia juga meminta seluruh pihak untuk membangun kedamaian.

"Setop kegaduhan, bangun kedamaian. Saya tetap komitmen revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak," kata Rizieq sebelum masuk Rutan Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (14/1).

Pria sapaan Habib Rizieq Shihab itu itu menuturkan bahwa dirinya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah (sehat)," ucap Rizieq.

Pantauan Alinea, Rizieq Shihab dibawa oleh mobil hitam milik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dengan pengawalan mobil patroli dan brimob bersenjata lengkap menuju Rutan Bareskrim, tanpa pakaian tahanan. Ia mengenakan pakaian khasnya, yakni gamis dan serban putih dengan tangan diborgol sambil mengacungkan dua jempolnya.

Alasan dipindahkannya Rizieq Shihab dari Rutan Narkoba Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim Polri lantaran kapasitas rutan semakin penuh. Selain itu, penyidik akan lebih mudah memproses pemberkasan tiga kasus Habib Rizieq Shihab apabila dia dipindahkan.

“Pertimbangannya tahanan di PMJ terlalu padat, sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian siang tadi.

Sponsored

Sebelumnya, Rizieq Shihab resmi ditahan Polda Metro setelah menjalani pemeriksaan sekitar 14 jam lamanya sejak 13 Desember 2020. Sebelum ditahan, Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya untuk menghadiri pemeriksaan kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan Sabtu (12/12/2020) pagi.

Rizieq Shihab telah ditetapkan sebagai tersangka dalam tiga perkara, yakni kerumunan Petamburan, Jakarta Pusat. Kemudian kerumunan Megamendung, Bogor Jawa Barat dan terakhir menghalang-halangi kerja Gugus Tugas Kota Bogor di RS Ummi.

Atas penetapan tersangka dirinya, pria sapaan Habib Rizieq Shihab itu mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, gugatan itu ditolak sepenuhnya oleh hakim tunggal. Saat ini, Habib Rizieq Shihab sedang menjalani penahanan yang telah diperpanjang 40 hari sejak 1 Januari 2021 sampai 9 Februari 2021.

Berita Lainnya