sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ruang tunggu penuh, calon penumpang lesehan di koridor Stasiun Senen

Karena ruang tunggu penuh dengan calon penumpang beserta bawang bawaan, sebagian orang memilih lesehan di koridor stasiun.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Minggu, 10 Jun 2018 09:03 WIB
Ruang tunggu penuh, calon penumpang lesehan di koridor Stasiun Senen

Memasuki musim mudik Lebaran 2018, jumlah penumpang kereta api mengalami kelonjakan. Alhasil, penumpukan penumpang menjadi pemandangan biasa di sejumlah stasiun dan terminal. Di Stasiun Senen, penumpukan penumpang juga terjadi, umumnya dengan membawa berbagai barang bawaan mereka.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan dua ruang tunggu bagi calon penumpang yang tiba lebih awal, untuk menunggu keberangkatan kereta api jarak jauh dari Stasiun Senen. Ruang tunggu itu terletak di sisi utara dan selatan stasiun.

Berdasarkan pengamatan Alinea, Sabtu (9/6), banyak calon penumpang yang lebih memilih duduk di sepanjang koridor pintu masuk stasiun.

"Ruang tunggunya penuh, jadinya enggak dapat tempat duduk lagi, jadi kami duduk di sini (koridor) saja. Barang bawaan juga banyak soalnya, ribet angkat-angkat lagi ke dalam (ruang tunggu), penuh banget," kata Desi, calon penumpang KA Mataram Premium relasi Stasiun Senen menuju Lempuyangan, Sabtu (9/6).

Meski tidak mendapat fasilitas ruang tunggu, para calon penumpang tampak tidak khawatir. Mereka menikmati ritual mudik seperti ini saat menggunakan kereta, sesuatu yang sudah biasa dilakukan setiap tahun.

"Sama aja sih mau duduk dalam ataupun luar, yang penting enggak ketinggalan kereta," ungkap Desi.

Ruang tunggu di Stasiun Senen yang dilengkapi fasilitas kursi tunggu, televisi, tempat charger, serta pendingin ruangan itu memang tampak dipenuhi calon penumpang, Selain itu, barang bawaan mereka berjeja; memenuhi sejumlah sudut ruang tunggu.

"Lebih enak di luar sebenarnya, adem. Di dalam ada AC tapi enggak berasa dan lebih jelas ada pengumuman leberangkatan," pungkasnya.

Sponsored