sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rumah ibadah harus jadi contoh penerapan new normal

Muhadjir Effendy meminta, protokol kesehatan harus jadi fokus.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 03 Jun 2020 08:30 WIB
Rumah ibadah harus jadi contoh penerapan new normal
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 59394
Dirawat 29740
Meninggal 2987
Sembuh 26667

Pemerintah secara bertahap akan segera menerapkan kebijakan tatanan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Beberapa sektor kehidupan akan mulai dibuka kembali, tak terkecuali rumah ibadah. Tentu, dengan menegdepankan protokol kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyatakan, rancangan prosedur operasional standar dan potokol kesehatan yang matang harus jadi fokus utama dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah nantinya.

Muhadjir mengungkapkan, pihak terkait perlu melakukan sosialisasi ihwal proses perizinan serta syarat-syarat yang ada dan menggunakan bahasa yang mudah, sehingga tidak membuat bingung pengurus rumah ibadah. "Jadi, nanti perizinan dilakukan untuk memastikan bahwa protokol kesehatan itu, telah dilaksanakan atau siap untuk dilaksanakan di tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya," kata Muhadjir, dalam keterangannya yang diterima Alinea.id, Rabu (3/6).

Selain itu, dia mengimbau, agar masing-masing komunitas agama, membuat semacam prosedur operasional standar (Standard Operating Prosedure/SOP) rumah ibadah dan protokol-protokol yang perlu dipatuhi jamaah sehingga kegiatan ibadah bisa sesuai dengan kebutuhan. 

Pentingnya, masing-masing komunitas membuat SOP yang diberlakukan secara teknis dan detail baik untuk kegiatan ibadah maupun sosial sangat berguna untuk masyarakat. Kendati Kementerian Agama (Kemenag), akan memberikan panduan secara umum, namun untuk hal-hal yang lebih detail para pengurus rumah ibadah yang berhak membuatnya.

"Perlu juga dibuat tempat pengaduan, jika ada pelanggaran ataupun penyelewengan terutama dalam masalah hal perizinan ini," ucapnya.

Muhadjir menegaskan, rumah ibadah harus menerapkan protokol dan SOP kesehatan secara bijak. Tempat ibadah harus menjadi contoh bagi sektor-sektor kehidupan yang dibuka dalam era kenormalan baru.

Rumah ibadah harus jadi contoh penerapan protokol dan prosedur operasional standar kesehatan, dalam rangka meningkatkan kembali produktivitas dan kehidupan sporitual keagamaan dan aman dari ancaman Covid-19.

Sponsored

Lebih jauh, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), berpesan agar masyarakat terus meningkatkan rasa persatuan di tegah pandemi yang belum kunjung usai ini. "Syukur-syukur, wabah covid ini akan kita ambil hikmahnya untuk melakukan lompatan besar ke depan," tutupnya.

Berita Lainnya