sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satgas Nemangkawi tembak penyerang anggota TGPF Papua

Pelaku merupakan anggota KKB pimpinan Sabianus Waker.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 27 Okt 2020 09:32 WIB
Satgas Nemangkawi tembak penyerang anggota TGPF Papua
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Satgas Nemangkawi dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terlibat kontak tembak di Intan Jaya pada Senin (26/10) pukul 05.00 WIB. KKB yang terlibat kontak tembak dipimpin oleh Sabinus Waker.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono menyatakan, dalam kontak tembak tersebut satgas melumpuhkan seorang anggota KKB diketahui bernama Rubianus.

"Pada saat kontak senjata, ada 50 orang bersenjata diduga KKB melakukan perlawanan terhadap tim gabungan TNI-Polri. Sehingga tim mengambil tindak tegas dan terukur," kata Awi dalam keterangan resminya, Selasa (27/10).

Sementara itu, Satgas Nemangkawi juga berhasil menangkap anggota KKB bernama Hermanus Tipagau. Dalam pemeriksaannya, penyidik mengetahui kelompok tersebut adalah pelaku penyerangan tim TGPF yang dibentuk Menko Polhukam.

"Seorang anggota KKB yang meninggal dunia terlibat dalam penembakan tim TGPF beberapa waktu lalu sesuai melakukan olah TKP," ucapnya.

KKB pimpinan Sabinus Waker memiliki catatan kriminal di wilayah Papua dengan melakukan penyerangan terhadap anggota Brimob pada 2015. Kelompok tersebut juga dikenal kerap melakukan perampasan terhadap warga di kawasan Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Kelompok itu memiliki nama lain, yakni Kemabu. Perekrutan anggota kelompok itu mengarah pada remaja Papua di bawah umur. Selain itu, propaganda mereka terus ditebar melalui akun-akun medsos KKB.

"Kelompok ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka dengan tujuan sebagai tameng hidup agar mudah melarikan diri," tujar Awi.

Sponsored
Berita Lainnya