sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satgas: Vaksin bukan solusi total atasi Covid-19

Vaksin dipastikan aman bagi tubuh mengingat proses pembuatannya melalui serangkaian pengujian.

Zahra Azria
Zahra Azria Jumat, 27 Nov 2020 21:07 WIB
Satgas: Vaksin bukan solusi total atasi Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan, vaksin mampu mencegah penularan suatu penyakit. Namun, tidak memastikan pandemi berakhir.

“Vaksin Covid-19 dapat dioptimalkan untuk mencegah penularan Covid-19. Tapi ingat, ya, vaksin bukan solusi total untuk menghilangkan virus tersebut," ujar Juru bicara Satgas Covid-19, Reisa Broto Asmoro, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (27/11).

"Datangnya vaksin Covid-19 bukan berarti pandemi langsung berakhir. Jadi, tetap terapkan disipilin pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Tetap lindungi diri dan lindungi orang lain,” sambungnya.

Meski demikian, pemerintah tetap mempersiapkan vaksin Covid-19. Dipastikan proses pembuatannya melalui serangkaian pengujian, sehingga aman digunakan.

Reisa menerangkan, vaksin sudah dikenal sejak lama. Sebagian besar masyarakat pun telah menerima sedari kecil. “Melalui imunsiasi sejak usia dini. 

"Vaksin merupakan upaya pencegahan yang diberikan saat sehat. Berbeda dengan obat, yang diberikan setelah kita sakit,” imbuh dia.

Manusia, ungkapnya, memiliki sistem imun yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri. Namun, sistem imun membutuhkan pengenalan terhadap jenis kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

“Bila di kemudian hari virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, maka kita sudah siap untuk melawan dan akhirnya dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut,” jelasnya.

Sponsored

Vaksin pun demikian. Tubuh mendeteksinya sebagai ancaman infeksi saat disuntikkan. Lalu membentuk sistem guna membuat kekebalan tubuh atau antibodi yang diperlukan untuk melawan penyakit tersebut.

Selanjutnya tubuh akan mengingat apa yang harus diwaspadai. Dengan demikian, virus, bakteri, atau kuman penyebab penyakit dapat dilawan ketika masuk.

Berita Lainnya