sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satu TKA di Cilegon tak dikarantina usai dari China

Sesuai keputusan Kemenkes, mestinya menjalani karantina 14 hari. Guna mengantisipasi menyebaran coronavirus.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Rabu, 05 Feb 2020 22:15 WIB
Satu TKA di Cilegon tak dikarantina usai dari China
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Seorang tenaga kerja asing (TKA) asal China diduga tak melewati proses di tempat penampungan sementara kala tiba di Indonesia. Khususnya Kota Cilegon, Banten. Karantina diperlukan untuk mengantisipasi menyebaran coronavirus.

"Yang bersangkutan baru tiba dari China. Seharusnya dikarantina dulu," ucap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Suparman, pada Rabu (5/2).

Wabah coronavirus atau 2019-nCoV tengah merebak. Kali pertama ditemukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Desember 2019. Telah menyebar ke beberapa negara.

Sejumlah negara pun berupaya mengantisipasinya. Dengan berbagai langkah. Termasuk Indonesia. Apalagi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan "Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)".

Wajib karantina selama 14 hari bagi warga negara Indonesia (WNI) maupun asing (WNA) yang telah melakukan perjalanan dari China. Salah satu kebijakan pemerintah via Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sementara, Disnaker mencatat, ada 1.200 TKA di "Kota Baja". Sebanyak 200 di antaranya, berasal dari "Negeri Tirai Bambu". Bekerja di sejumlah tempat.

Disnaker pun taktahu, apakah TKA itu terindikasi terinfeksi coronavirus atau tidak. "Belum tentu terpapar," kata dia.

Meski demikian, Suparman telah menginstruksikan anak buahnya menindaklanjuti informasi tersebut. Semenjak kemarin (Selasa, 4/2). "Hasilnya belum tahu," ujarnya.

Sponsored

Per hari ini, pukul 00.00 WIB, pemerintah juga menghentikan sementara arus lalu lintas udara dari dan ke China. Dalam rangka meminimalisasi penyebaran 2019-nCoV.

Tak sekadar itu. visa kunjungan maupun on arrival untuk warga China tak berlaku. PUn melarang datang ataupun singgah kepada seluruh orang yang pernah ke daratan dan bertahan selama 14 hari.

Berita Lainnya