sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Scooter listrik milik Grab boleh lewat jalur sepeda di DKI

Scooter listrik milik Grab Indonesia bisa disewa dengan harga Rp5.000 per 30 menit.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Sabtu, 12 Okt 2019 11:15 WIB
Scooter listrik milik Grab boleh lewat jalur sepeda di DKI

PT Grab Indonesia menggratiskan penyewaan sepeda dan scooter listrik khusus hari ini, Sabtu (12/10). Upaya menggratiskan layanan ini sejalan dengan uji coba jalur sepeda yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan penggratisan layanan Grab Wheels itu hanya berlaku di sekitar Stasiun MRT Fatmawati. Namun demikian, jumlah unit sepeda dan scooter listrik yang disediakan terbatas.

"Untuk hari ini kita gratiskan untuk acara bersama-sama. Ada 50 buah sepeda listrik (e-bike) dan 10 buah scooter listrik (e-scooter) yang kami siapkan," kata Ridzki di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan pada Sabtu (12/10).

Selain itu, lanjut dia, layanan gratis sepeda dan scooter listrik yang diberikan pihaknya dilakukan dalam rangka mendukung Jakarta ramah sepeda. Ini juga sebagai bentuk kerja sama antara Grab dengan PT MRT yang telah terjalin.

Ridzki mengatakan, layanan Grab Wheels yang menyediakan sepeda dan scooter listrik ini pada hari biasa dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk pemakaian 30 menit. Cara menyewanya cukup mudah. Buka aplikasi Grab, selanjutnya pilih menu Grab Wheels. Lalu pilih lokasi untuk penyewaan.

“Nanti tinggal scan aja dan ikuti cara pemakaiannya. Setelah selesai, sepeda diletakkan kembali ke tempat parkirnya dan lokasi manapun yang tersedia,” ucap dia.

Saat ini, pengguna scooter maupun sepeda listrik dapat melewati jalur sepeda. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan scooter listrik boleh melintas jalur sepeda lantaran ramah lingkungan karena menggunakan listrik dan memiliki ukuran minimalis.

"Untuk jalur sepeda, memang khusus untuk pesepeda, untuk otoped ini kan elektrik, perihal kecepatan kan dia (otoped) beragam. Saya pikir untuk masuk dan menggunakan jalur sepeda itu bukan masalah," kata Syafrin.

Sponsored