logo alinea.id logo alinea.id

Selama libur lebaran, wisatawan pantai di Banten turun 60%

Penurunan jumlah kunjungan wisata air dan pantai ini, merupakan imbas dari kejadian bencana tsunami Selat Sunda

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Rabu, 12 Jun 2019 12:26 WIB
Selama libur lebaran, wisatawan pantai di Banten turun 60%

Dinas Pariwisata Provinsi Banten mencatat penurunan sekitar 60% pada destinasi wisata pantai di Banten pada libur hari raya Idulfitri 2019 dibanding tahun lalu.

Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Banten Paundra Bayyu Ajie mengatakan penurunan jumlah kunjungan wisata air dan pantai ini, merupakan imbas dari kejadian bencana tsunami Selat Sunda yang melanda Banten pada 22 Desember 2018.

Selama libur Lebaran 2019, jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata pantai di Banten dari 5 Juni sampai 9 Juni hanya sebanyak 349.299 wisatawan. Jumlah ini turu jika dibandingkan jumlah kunjung libur Lebaran 2018 sebanyak 969.070 wisatawan. 

Data ini berdasarkan data kunjungan destinasi wisata air dan pantai terbuka di empat kabupaten/ kota di Banten. Di antaranya pantai di daerah Kota Cilegon, Anyer Kabupaten Serang, Carita dan Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang, kemudian Sawarna dan Bagedur Kabupaten Lebak.

Sponsored

"Pantai wilayah selatan (Sawarna/Bagedur) paling ramai dikunjungi karena tidak terdampak tsunami karena masyarakat berfikir lebih aman," katanya, Rabu (12/6) di Serang.

Sedangkan untuk data kecelakaan di laut, wisatawan tenggelam meninggal dunia sebanyak dua orang di Pantai Anyer, korban tenggelam selamat sebanyak lima orang di Pantai Carita dan korban tersengat ubur-ubur sebanyak 70 orang di Pantai Bagedur dan Sawarna. Kemudian anak hilang dapat ditemukan kembali sebanyak 150 anak.

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB