sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Semeru erupsi, Khofifah minta BPBD dan Dinsos segera kirim bantuan

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Selasa dini hari. Berpotensi terjadi lahar panas apabila turun hujan.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 02 Des 2020 13:43 WIB
Semeru erupsi, Khofifah minta BPBD dan Dinsos segera kirim bantuan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk segera mengirimkan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

“Bantuan yang diberikan di antaranya mengirimkan dua tenda pengungsian yang dilengkapi dengan light tower sebagai penerangan saat gelap, termasuk juga pengungsian darurat dan dapur umum sedang kita siapkan," katanya.

Dia juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirimkan bantuan sembako untuk pengungsi. Satu ton beras, 500 dus mie instan, 200 liter minyak goreng, serta tambah gizi dan lauk pauk masing-masing 120 paket.

"Posko penguatan dari pemprov (pemerintah provinsi) menyatu di posko pengungsian yang  berada di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," jelasnya, mengutip situs web Pemprov Jatim.

Pemprov Jatim juga bakal mendistribusikan pembersih tangan (hand sanitizer) dan disinfektan masing-masing 20 liter, 5.000 lembar masker, serta satu mobil penyelamat dan 2 mobil serbaguna.

"Untuk membantu penanganan, personel Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jatim yang akan membawa berbagai peralatan pendukung penanganan bencana juga meluncur ke lokasi," tuturnya.

Sedangkan Dinas Sosial (Dinsos), diminta menyalurkan dukungan peralatan dan bantuan logistik berupa 2 tenda pengungsi, 30 kasur, serta kit famili, pakaian anak-anak, perlengkapan dapur keluarga, dan sandang masing-masing 50 paket.

"Bantuan tersebut kita arahkan langsung ke tempat pengungsian. Tentu semua kita kordinasikan dengan Bupati Lumajang," ucap Khofifah. Sekitar 250-500 warga mengungsi karena terdampak erupsi Semeru.

Sponsored

"Bantuan yang saat ini dikirimkan adalah sebagai langkah awal kesigapan Pemprov Jatim dalam menangani bencana alam. Nanti, akan ada bantuan-bantuan yang akan dikirimkan secara bertahap sesuai kebutuhan lapangan, tetapi team leader-nya tetap Bupati Lumajang,” imbuhnya.

Secara umum, menurutnya, keadaannya aman. Informasi dari tim di lapangan, material sudah tidak mengalir lagi  sekalipun masih tercium bau belerang.

Meski demikian, semua pihak diminta tetap waspada lantaran dihawatirkan terjadi aliran lahar panas saat turun hujan. Pun demikian bagi aktivitas penambangan di daerah aliran Sungai (DAS) Rejali, Besuk Semut, dan Besuk Sat.

Berdasarkan laporan BPBD Jatim, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Selasa (1/12), pukul 01.23 WIB. Dari pantauan Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Gunung Sawur, ada awan panas guguran dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah Besuk Koboan dari Semeru.

Hal itu membuat warga Dusun Curah Koboan, Desa Supiturang dan Rowobaung, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo serta Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, keluar rumah. Pangkalnya, kondisi tersebut berpotensi terjadinya lahar panas apabila turun hujan.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB

Rekomendasi drakor terbaru di Viu

Senin, 01 Mar 2021 20:39 WIB