sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satgas Covid-19: Semua kegiatan kerumunan akan dilakukan tindakan sama

Tindakan sama dilakukan dengan cara testing dan tracing untuk mencegah penularan Covid-19.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 24 Nov 2020 18:17 WIB
Satgas Covid-19: Semua kegiatan kerumunan akan dilakukan tindakan sama
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Satgas Penanganan Covid-19 mengklaim melakukan tindakan sama terhadap kegiatan massa yang menimbulkan kerumunan. Seperti, demo tolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dan sejumlah kegiatan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Soekarno-Hatta, Petamburan, Tebet, dan Megamendung.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menerangkan, tindakan sama yang dilakukan dengan cara testing dan tracing untuk mencegah penyebaran infeksi virus SARS-CoV-2 dalam kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Satgas daerah secara aktif melakukan tes skrinning, baik kepada pendemo yang diamankan serta petugas penagamanan," kata Wiku, saat konfrensi pers yang diaiarkan secara virtual, Selasa (24/11).

Tak hanya pengecekan skrinning, kata Wiku, Satgas Covid-19 juga telah mengupayakan tes usap atau swab test bagi para pendemo guna menentukan tindakan lanjutan seperti isolasi mandiri.

Sponsored

"Tidak berhenti pada upaya skrinning. Bagi demonstran yang reaktif, dilanjutkan dengan testing untuk diagnostik dan isolasi atau perawatan di RS Bhayangkara daerah setempat," tuturnya.

"Berdasarkan laporan dalam rakor mingguan, dinas kesehatan di daerah yang terjadi kerumunan sedang melakukan penjaringan baik testing maupun tracing dan masih terus berlanjut," imbuh Wiku.

Wiku memastikan, Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat pusat dan daerah terus berkoordinasi guna melakukan tindakan ketika terjadi kegiatan yang menimbulkan kerumunan. "Kami akan selalu infokan update follow up dari perkembangan potensial lonjakan kasus," tandasnya.

Berita Lainnya