sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Siaga banjir, BMKG prediksi hujan lebat hingga 29 Januari

Sirkulasi siklonik menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Syamsul Anwar Kh
Syamsul Anwar Kh Jumat, 24 Jan 2020 10:26 WIB
Siaga banjir, BMKG prediksi hujan lebat hingga 29 Januari
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 27549
Dirawat 17951
Meninggal 1663
Sembuh 7935

Hujan dengan intensitas lebat, diprediksi akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia hingga 29 Januari 2020. Hal ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia, selatan Lampung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sirkulasi siklonik ini akan terbentuk mulai hari ini, Jumat (24/1) hingga dua hari ke depan. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat. 

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. 

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," jelas Deputi Bidang Metereologi BMKG, Mulyono R Prabowo melalui keterangan tertulis.

Sponsored

Berdasarkan pantauan kondisi di atas, Mulyono memprediksi, curah hujan dengan intensitas lebat akan melanda wilayah dari Sumatera hingga Papua. Selanjuntya, merujuk pada prakiraan berbasis dampak hujan lebat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat berada pada status siaga potensi banjir atau genangan sepanjang 24-25 Januari 2020.

"Masyarakat diimbau untuk  waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.

Berita Lainnya