logo alinea.id logo alinea.id

Sidang Tahunan MPR RI: Jokowi sampaikan tiga pidato kenegaraan

Sidang bersama MPR, DPR, dan DPD digelar di Gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta, hari ini (16/8).

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 16 Agst 2019 09:33 WIB
Sidang Tahunan MPR RI: Jokowi sampaikan tiga pidato kenegaraan

Sidang bersama MPR, DPR, dan DPD digelar di Gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta, hari ini (16/8). Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menyampaikan tiga pidato dalam sidang legislatif hari ini.  

Pada pukul 08.30 WIB Jokowi menyampaikan pidato sidang tahunan MPR, pukul 10.20 WIB pidato kenegaraan dalam sidang bersama DPR-DPD, dan pada pukul 14.00 WIB pidato nota keuangan dalam sidang DPR RI soal RAPBN 2020. 

Kesempatan ini juga merupakan kali pertama bagi Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin untuk membacakan nota keuangan dan RUU APBN 2020.

Untuk diketahui, pada Nota Keuangan 2020, pemerintah akan menyiapkan Rp1.162,83 triliun untuk mencetak SDM unggul. 

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan RAPBN 2020 akan menampung visi misi presiden terpilih dan untuk janji kampanye Jokowi. 

Untuk diketahui, Jokowi menyampaikan sejumlah rencana program ketika berkampanye sebagai Calon Presiden di Pemilihan Presiden 2019. Pada akhirnya, Jokowi terpilih lagi sebagai presiden untuk kedua kalinya pada periode 2019-2024.

Sri menyatakan pemerintah menyiapkan sejumlah pos anggaran terkait dengan janji Jokowi seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra-Kerja dan Kartu Sembako. 

Untuk program KIP Kuliah, Sri menyatakan, pemerintah akan menambah jumlah beasiswa untuk 400.000 orang dengan nilai anggaran Rp7,6 triliun dalam empat tahun mendatang. Pada saat ini, jumlah beasiswa tersebut hanya untuk 380.000 orang.

Sponsored

Pemerintah juga telah menyiapkan anggaran Rp1.162,83 triliun untuk empat proyek utama mencetak sumber dya manusia (SDM) unggul dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Hal itu dikemukakan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam keterangan tertulis. 

Proyek utama tersebut diantaranya adalah percepatan pengurangan jumlah kematian ibu dan stunting. Kemudian, pengembangan pendidikan dn pelatihan vokasi untuk industri 4.0. Lalu pembangunan science technopark dengan mengoptimalisaasi triple helix di empat universitas utama. Serta digitalisasi dan integrasi bantuan sosial.