sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

SIKM dicabut, Pemprov DKI Jakarta wajibkan masyarakat isi CLM

Pengisian CLM dapat dilakukan melalui aplikasi JAKI atau Jakarta Kini yang dapat diunduh melalui Google Play Store. 

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Rabu, 15 Jul 2020 14:32 WIB
SIKM dicabut, Pemprov DKI Jakarta wajibkan masyarakat isi CLM
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan menghentikan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sebagai syarat keluar-masuk Kota Jakarta. Pemprov menyiapkan aplikasi pengganti yang lebih mudah. 

"Sejak 14 Juli SIKM ditiadakan, tetapi warga diimbau untuk mengisi Corona Likelihold Matrik (CLM)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dihubungi wartawan, Rabu (15/7). 

Syafrin menjelaskan, pengisian CLM dapat dilakukan melalui apliaksi JAKI atau Jakarta Kini yang dapat diunduh melalui Google Play Store. 

Selanjutnya warga perlu mengisi beberapa pertanyaan untuk  mengidentifikasi apakah yang bersangkutan terpapar Covid-19 atau tidak. Setelah itu, sistem akan memberikan skor yang menentukan level kesehatan.

Sponsored

Skor itulah yang menentukan apakah warga boleh melakukan perjalanan atau tidak. Pada skor tertentu, warga direkomendasikan untuk melakukan tes Covid-19. 

"Sistem akan memberi skoring apakah warga tersebut dapat ataupun bebas melakukan perjalanan. Jika yang bersangkutan terindikasi corona akan direkomendasikan untuk melakukan tes Covid-19," jelas dia.

Berita Lainnya