sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sisa 7 KK belum terima kompensasi proyek JIS

Mereka belum meneken BAST lantaran sudah pulang kampung ataupun tidak mendapatkan izin dari tempat bekerja.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 30 Jun 2021 07:48 WIB
Sisa 7 KK belum terima kompensasi proyek JIS

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro mengklaim, hanya tersisa tujuh kepala keluarga (KK) di Kampung Bayam, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut), yang belum menerima kompensasi per 21 Juni 2021. Mereka terdampak proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Staf Ahli Jakpro, Hendro Subroto, menerangkan, ketujuh KK tersebut bagian dari 76 KK di Blok A-3. Proses rencana aksi permukiman kembali (resettlement action plan/RAP) terhadap mereka belum selesai lantaran tidak juga meneken berita acara serah terima (BAST) dengan alasan pulang kampung tak mendapat izin dari tempat bekerja.

"Ya, kita bantu mereka. Kita berikan surat kuasa agar mereka bisa menguasakan orang yang mereka percayakan untuk mencoba mengurus atau mencairkan dana kompensasinya," ucapnya dalam pemaparan secara daring, Selasa (29/6).

Sementara itu, 22 KK lainnya dari 76 KK di Blok A-3 merupakan bangunan kafe. Jakpro tidak mengikutsertakan kelompok ini sebagai sasaran Program RAP lantaran tidak sesuai dengan regulasi.

"Kafe enggak diapa-apain sama kita. Pengelolanya mungkin orang Kampung Bayam, tapi jenis usaha tidak sesuai aturan pemerintah (ilegal, red). Sisanya kita akomodasi," jelasnya.

Dengan demikian, sebanyak 47 KK lainnya sudah meneken BAST. "Ketika warga melakukan tanda tangan berita acara serah terima ... di situ ada nominal angka yang disepakati,” kata Hendro.

Mulanya ada 267 KK di Kampung Bayam terdampak pembangunan JIS, yang berlangsung sejak 2019. Jakpro lantas membaginya menjadi tiga kelompok, Blok A-1, Blok A-2, dan Blok A-3 dan menjalankan Program RAP untuk merelokasi mereka sejak September 2020.

Luas Kampung Bayam sekitar 680-an meter persegi. Lokasi Blok A-1 berada di tengah hingga utara lapangan latih JIS, sementara teritorial Blok A-2 membentang dari Taman BMW sampai tengah stadion, dan Blok A-3 wilayahnya mencakup dari lapangan latih hingga kolong tol Tanjung Priok. 

Sponsored

Pemberian kompensasinya dibagi menjadi empat kriteria. Perinciannya, biaya mobilisasi pindah ke tempat asal, biaya penertiban pembangunan berdasar material dan luas, biaya sewa rumah selama 12 bulan, serta tunjangan kehilangan pendapatan bagi yang memiliki toko atau kios.

Untuk mengetahui nilai kompensasi dan sasaran penerimanya, Jakpro telah melakukan survei lapangan dan kependudukan ke Kampung Bayam pada Oktober 2019 dan Januari 2020. Nilai kompensasi tertinggi yang diterima mencapai Rp108 juta per KK terdampak.

Sekalipun memakan waktu, Hendro bersyukur proses ini berjalan secara damai melalui dialog. "Setidaknya semua happy."

Berita Lainnya

Komisi III DPR RI Sepakati 7 Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Sep 2021 11:45 WIB

Marvel vs Capcom 2 remaster siap digarap

Selasa, 21 Sep 2021 11:09 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

Minahasa Tenggara Dilanda Banjir Bandang

Selasa, 21 Sep 2021 11:46 WIB