Nasional / Transportasi

Stasiun Manggarai alihkan jalur KRL lintas Bogor

Perubahan ini berdampak pada waktu tempuh KRL lintas Bogor menuju Jakarta Kota/ Angke/ Jatinegara, yang bertambah lima hingga sepuluh menit.

Stasiun Manggarai alihkan jalur KRL lintas Bogor Ilustrasi aktivitas di stasiun kereta api./ Antarafoto

Stasiun Kereta Api Manggarai mengalihkan jalur bagi penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Bogor menuju Jakarta Kota/Angke/Jatinegara. Ini dilakukanlantaran stasiun tengah dibangun guna menjadi stasiun sentral.

"Semula KRL lintas Bogor melewati arah Sudirman ke Jakarta Kota biasanya masuk di jalur 6 dan 7, kini berganti jalur menjadi 8 dan 10, ujar Vice President Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunnisa saat dikonfimasi di Jakarta, Sabtu (11/8).

Terkait pembangunan Stasiun Manggarai, Eva mengungkapkan akan ada perubahan arus yang dilakukan secara bertahap dan pelayanan operasional KRL tak disetop. Untuk memperlancar pembangunan, ditetapkan solusi pemindahan jalur, khususnya bagi KRL lintas Bogor-Jakarta Kota.

Sebagai dampak dari perubahan jalur tersebut, waktu tempuh KRL lintas Bogor menuju Jakarta Kota/ Angke/ Jatinegara akan bertambah lima hingga sepuluh menit.

"Untuk perjalanan KRL tersebut tidak ada perubahan, sehingga kita menghimbau pengguna untuk mengatur kembali waktu keberangkatannya," ujar Eva.

Menurut keterangan resmi KCI, jalur rel kereta di Stasiun Manggarai akan dibangun dua tingkat untuk memisahkan jalur kereta api, yaitu jalur kereta api jarak jauh kereta api commuter Jabodetabek, dan kereta api commuter bandara.

Stasiun Manggarai sendiri akan dijadikan perhentian terakhir bagi kereta jarak jauh dan akan berubah menjadi Stasiun Sentral yang lebih modern.

Sumber: Antara


Berita Terkait