sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sudah 3 hari korban longsor Bogor belum ditemukan

Polisi mengerahkan anjing pelacak untuk mencari korban longsor Bogor.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Jumat, 03 Jan 2020 19:31 WIB
Sudah 3 hari korban longsor Bogor belum ditemukan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Sudah tiga hari tiga warga Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diduga tertimbun longsor belum ditemukan.

Ketiga korban longsor yang terjadi pada Selasa (31/12/) tersebut yakni Amri (60), Saroh (25), dan Cicih (5).

Tiga anjing pelacak pun dikerahkan untuk mencari ketiganya.

"Kami juga satu regu K9 Polda Jabar dengan membawa 3 anjing pelacak jenis Herder, Labrador dan Milinois, untuk membantu proses pencarian korban yang diduga masih tertimbun longsor," kata Kabag Ops Polres Bogor, Kompol Agoeng Ramadhani di lokasi longsor, Jumat (3/1).

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan proses evakuasi bencana banjir dan tanah longsor di Bogor hingga saat ini masih dilakukan jajaran personel gabungan Polres Bogor, Brimob, TNI, BPBD, Tim SAR.

Pihaknya mencatat ada sebanyak 19 rumah terbawa hanyut dan luluh lantak oleh terjangan air dan lumpu yang diduga datang dari arah Gunung Tajur yang berada di dekat kawasan tersebut.

Sementara, sambung dia, proses evakuasi warga terhambat cuaca, minimnya peralatan untuk proses evakuasi, serta sulitnya mengakses lokasi yang tidak bisa ditembus dengan kendaraan bermotor.

Senada disampaikan Humas Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor bahwa tiga orang dikabarkan tertimbun longsor.

Sponsored

"Tim yang mencari korban tertimbun longsor ada dua regu, kedalaman longsoran ini sekitar lima sampai enam meter," tutur Joshua. 

Basarnas juga mencatat sebanyak 11 desa yang berada di sekitar Desa Harkat Jaya terisolir akibat akses yang tertimbun longsoran

Berdasarkan pengecekan sementara, ada 400 kepala keluarga (KK) yang terdampak terisolir dari longsor itu, dan sebagian besar warga sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Sementara ini bantuan untuk warga disalurkan via udara (helikopter), karena akses mereka terputus sejak tiga hari yang lalu," tutup Joshua. (Ant)

Berita Lainnya
×
img