logo alinea.id logo alinea.id

Saut Situmorang mengundurkan diri dari KPK

Saut Situmorang mengajukan cuti dan resmi mengundurkan diri Per 16 September.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Jumat, 13 Sep 2019 10:08 WIB
Saut Situmorang mengundurkan diri dari KPK

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu diketahui melalui surat elektronik yang dikirimkan kepada pegawai KPK sekitar pukul 08.00 WIB.

"Saudara-saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, Ijinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK terhitung mulai Senin 16 September 2019," tulis Saut, dalam surat elektronik yang diterima Alinea.id, Jumat (13/9).

Dia menjelaskan, alasan mengundurkan diri dari dari KPK pada Senin (16/9) lantaran masih terdapat agenda Jelajah Dogeng Antikorupsi di Yogyakarta pada Sabtu (14/9) dan Minggu (15/9).

Dalam surat tersebut, Saut menyampaikan permohonan maaf dan terimakasih kepada empat pimpinan KPK jilid IV serta seluruh pegawai KPK.

"Saya mohon maaf sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua Pimpinan KPK Jilid IV (Bunda BP, Bro Alex M, Bro LM Syarif, dan Pak Bro Ketua Agus R) Struktural, Staf, Security, semua OB yang bersihkan ruangan saya setiap hari dan yang membantu menyiapkan makanan (terutama mbak Wati dan mas Dul)," ucap Saut.

Dia menyadari, gaya kepemimpinannya dapat membuat kolega dan para pegawai merasa sebal. Untuk itu dia meminta maaf kepada seluruh jajaran KPK. Namun pengunduran diri itu bukan menandakan dirinya lemah terhadap situasi KPK saat ini.

"Saya mohon maaf karena dalam banyak hal memang kita harus bisa membedakan antara cemen dengan penegakan 9 nilai KPK yang kita miliki (Jujur, Peduli, Mandiri,Disiplin, Tanggung jawab, Kerja Keras, Sederhana Berani dan Adil) yang kita tanamkan dan ajarkan selama ini, sebagai bagian dari nilai di KPK yaitu RI-KPK (Religius,Integritas,Kepemimpinan, Profesional dan Keadilan). Mari kita pegang itu sampai kapan pun," katanya.

Dia memohon izin untuk meliburkan diri pada hari ini (13/9). Selain itu, Saut menyampaikan bahwa seluruh alat kerja ID Card dan asuransi sudah diserahkan pada hari ini.

Sponsored

"Id Card, Asuransi Js , saya serahkan hari ini. Mohon ijin cuti pada hari Jumat ini 13 September 2019. Saya pulang jam 08.00 WIB. Oh ya, bersama saya tidak ada barang-barang elektronik kantor," tutur Saut.

Pria asal Medan itu juga meminta kepada Yudi Purnomo untuk konsisten dalam mengemban tugasnya sebagai Ketua Wadah Pegawai KPK. Saut juga berharap kepada pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan agar dapat terungkap.

"Buat mas Yudi tetaplah konsisten bro antum masih komandan. Kunci sepeda yang saya sumbangkan untuk doa dan harapan kita agar siapa pelaku kejahatan atas Novel bisa ditemukan," katanya.

Dalam surat tersebut, Saut juga mengucapkan terimakasih kepada Koordinator Sekretaris Pimpinan (Korsepim), tim protokol, staf ACLC, serta tim PJKAKI.

Dia juga meminta kepada petugas koordinator wilyah tetap semangat untuk menjaga Indonesia dari timur sampai barat. Dia meminta koordinasi supervisi tetap dilakukan agar kasus mangkrak di daerah dapat terungkap.

"Seperti yang sering saya ucapkan berkali kali di depan kepala daerah (gubernur, walikota/Bupati, DPRD) kita hadir untuk menjaga orang orang baik agar tetap baik, semangatlah meningkatkan intervensi kita pada : www.korsupgah.kpk.go.id dan lakukan terus inovasi termasuk tim Korsupdak. Bantu terus koordinasi supervisi kasus-kasus mangkrak didaerah karena rakyat lokal membutuhkan itu selesai.

Tak terketinggalan, Saut juga menyampaikan salam dari keluarganya untuk para pegawai KPK.

"Tuhan memberkati kita semua. Amin , salam. SS (Saut Situmorang)," tutup Saut.