sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Survei Indikator: Publik lebih percaya TNI daripada KPK

Kepercayaan publik terhadap KPK cenderung menurun karena beberapa isu, salah satunya tes wawasan kebangsaan sebagai alih status pegawai.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 04 Mei 2021 16:13 WIB
Survei Indikator: Publik lebih percaya TNI daripada KPK

Tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami penurunan berdasarkan survei nasional Indikator Politik Indonesia terbaru. Hingga April 2021, sebesar 66% publik cukup percaya dengan lembaga antirasuah.

Adapun tingkat kepercayaan publik tertinggi ada pada Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan 72% dan 70%. Selanjutnya, Polri 64% dan kejaksaan 62%.

"TNI masih menempati peringkat pertama yang dipercaya publik, kemudian disusul presiden, disusul KPK," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis daring, Selasa (4/5). "(Soal) KPK, meskipun trust (kepercayaan) cukup lumayan, tetapi kalau lihat data, terjadi tren penurunan kepercayaan publik." 

Menurutnya, merosotnya kepercayaan publik terhadap KPK dipengaruhi isu tes wawasan kebangsaan sebagai alih status pegawai ke aparatur sipil negara (ASN).

Sponsored

"Apalagi ada isu baru-baru terkait dengan tes wawasan kebangsaan yang membuat beberapa orang diisukan tidak lolos, termasuk Novel baswedan," jelas dia.

Burhanuddin melanjutkan, tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga politik juga cenderung menurun. Hingga April 2021, sebesar 57% responden cukup puas dengan MPR, DPD 45%, DPR 42%, dan partai politik 36%.

Survei nasional Indikator Politik Indonesia digelar selama kurang lebih sepekan, 13-17 April 2021, dengan 1.200 sampel dari 206. 983 responden yang dikumpulkan selama 2 tahun dari seluruh provinsi.  Adapun rerata simpangan (margin of error) sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Berita Lainnya