sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Usai terpilih Ketua MA, Syarifuddin ajak jajaran langsung bekerja

Syarifuddin: Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Senin, 06 Apr 2020 15:34 WIB
Usai terpilih Ketua MA, Syarifuddin ajak jajaran langsung bekerja
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 78572
Dirawat 37226
Meninggal 3710
Sembuh 37636

Muhammad Syarifuddin resmi menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) 2020-2025.  Dia mengucapkan, terimakasih kepada rekan-rekannya yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai Ketua MA yang ke-14. 

Sekalipun demikian, Syarifuddin langsung meminta setelah ini tidak ada lagi dukung-mendukung di antara hakim. "Kita kembali bersatu-padu, bahu-membahu, dan kerja keras menyambut tugas dan tanggung jawab kita ke depan agar MA dan badan peradilan lebih baik lagi," kata dia dalam pidatonya seusai terpilih sebagai Ketua MA, Jakarta, Senin (6/4).

Syarifuddin menyatakan, hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh jajaran MA langsung mulai bekerja.

"Kami, mulai bekerja dengan ucapan bismillahirahmanirahim dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT," kata dia.

Syarifuddin mengingatkan, seberat apa apapun pekerjaan yang dilakukan MA, maka akan menjadi ladang amal ibadah dihadapan Tuhan. Di sisi lain, juga harus dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara.

"Saya tidak lebih baik dari bapak ibu sekalian. Oleh karena itu, tanpa bantuan dan kerja keras serta kerja sama yang baik dari bapak ibu semuanya, sebagaimana yang telah bapak ibu berikan kepada Yang Mulia Hatta Ali, juga diharapkan diberikan kepada saya," ucap Syarifuddin.

Dia menambahkan, apa yang sudah dicapai pada kepemimpinan Hatta Ali harus dilanjutkan dan ditingkatkan dengan berbagai macam pola perubahan dan kemajuan untuk kebaikan. Oleh karena itu, Syarifuddin yakin, visi MA tentang terwujudnya badan peradilan Indonesia yang agung bisa segera terwujud tanpa perlu menunggu tahun 2035.

Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA periode 2020-2025 setelah lalui dua putaran. Dia mendapatkan 32 dari 47 total suara hakim yang memiliki hak pilih. Dalam pemilihan tersebut, dia unggul dari Hakim Agung Andi Samsan Nganro yang mendapat 14 suara pada Pemilihan Ketua MA putaran kedua tesebut.

Sponsored

"Berdasarkan berita acara hasil perhitungan suara ternyata yang mulia Dr. H. M. Syarifuddin S.H., MH. telah mendapaktan suara sejumlah 32 suara," ujar Ketua MA periode 2017-2020 Hatta Ali, dalam sidang paripurna yang dilaksanakan di Gedung MA, Jakarta Pusat, Senin (6/4).

Berita Lainnya