sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Tahun Baru: Anies Baswedan gelar nikah massal dan tausiyah Aa Gym

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar nikah massal dan tausiyah oleh Dai Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pada perayaan tahun baru 2019.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 01 Jan 2019 00:00 WIB
Tahun Baru: Anies Baswedan gelar nikah massal dan tausiyah Aa Gym

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar nikah massal dan tausiyah oleh Dai Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym pada perayaan tahun baru 2019.

Nikah dan itsbat massal diikuti oleh 557 pasangan. Tercatat, sebanyak 221 pasangan peserta nikah massal dan 336 lainnya itsbat. Itsbat merupakan peresmian pernikahan dari sebelumnya hanya dilakukan secara siri.

"Kita bersyukur dalam merayakan malam tahun baru ini, kita mengadakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Insha Allah ini menjadi budaya yang terus di lakukan nantinya," ujar Anies saat meresmikan acara nikah dan itsbat massal di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (31/12) malam.

Untuk kedua kalinya, acara nikah dan itsbat massal kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tahun lalu, peserta nikah massal mencapai 500 pasangan.

Meski diguyur hujan, ratusan pasangan peserta nikah dan itsbat massal itu antusias. Kebahagiaan tampak terpancar dari wajah-wajah mereka.

Menurut Anies, pergantian tahun akan menjadi spesial bagi pasangan-pasangan tersebut. Sebab, setiap tahun nantinya akan dirayakan sebagai hari pernikahan mereka.

Mantan Menteri Pendidikan Nasional itu berharap, pasangan-pasangan nikah massal itu akan menjadi keluarga yang sakinah. Dia juga ingin pasangan-pasangan ini akan menjadi pionir untuk membangun masyarakat baik, rukun, dan saling menghargai.

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan uang tunai masing-masing Rp500.000 sebagai kado pernikahan pasangan peserta nikah massal. 

Sponsored

Tidak hanya nikah dan itsbat massal, perayaan pergantian tahun juga digelar tausiyah dari Aa Gym. Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung itu memberikan wejangan bagi para peserta nikah massal.

"Kami juga memberikan terimakasih kepada AA Gym untuk berkenan memberikan tausiah terhadap pernikahan-pernikahan kepada para peserta. Bagi belum yang menikah semoga mendapat pencerahan untuk menikah," tutup Anies.