sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tak tertib isolasi, OTG disebut picu lonjakan kasus Covid-19 Klaten

Kasus positif Covid-19 di Klaten, Jateng, melonjak dalam beberapa pekan terakhir, terutama usai libur Lebaran.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Sabtu, 12 Jun 2021 08:46 WIB
Tak tertib isolasi, OTG disebut picu lonjakan kasus Covid-19 Klaten

Tren kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), mengalami lonjakan dalam beberapa pekan terakhir, terutama usai libur Lebaran 2021. Diklaim karena orang tanpa gejala (OTG) tidak disiplin saat isolasi mandiri.

"Setelah kami analisa, ternyata salah satu penyebabnya adanya kurang disiplinnya penerapan isolasi mandiri bagi OTG," ujar Koordinator Satgas Penanganan Covid 19 Klaten, Ronny Roekmito, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. 

Dirinya menuding pasien Covid-19 berstatus OTG yang tengah karantina di desa ataupun tempat isolasi terpusat di kecamatan masih kerap melakukan kontak langsung. "Imbasnya angkanya tidak turun justru melebar penularan."

Karenanya, Satgas Covid-19 bakal memperketat pengawasan isolasi mandiri. OTG yang tak disiplin akan dijemput untuk dialihkan ke tempat karantina terpusat, seperti Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Sponsored

"Kalau tidak disiplin, akan dijemput oleh satgas untuk menjalani isolasi terpusat. Tujuannya, untuk memastikan isolasi dilakukan dengan disiplin," jelasnya.

Berita Lainnya