logo alinea.id logo alinea.id

Temuan Ombudsman: Dokter jaga di Puskesmas hanya satu

Dokter dan paramedis yang berjaga di Puskesmas berasal dari tenaga kontrak, sementara yang berstatus PNS libur.

Soraya Novika
Soraya Novika Jumat, 07 Jun 2019 14:16 WIB
Temuan Ombudsman: Dokter jaga di Puskesmas hanya satu

Ombudsman RI (ORI) melakukan inspeksi mendadak atau sidak pada libur lebaran pekan ini. Ombudsman mendatangi Puskesmas dan mendapati tenaga medis cuti. 

Pimpinan tim sidak ORI Adrianus Meliala mendatangi Puskesmas Kelurahan Setiabudi, Jakarta Selatan pukul 09.45. Temuan ombudsman, dokter dan paramedis yang berjaga di Puskesmas justru berasal dari tenaga kontrak. Sementara tenaga medis yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) libur.

"Di puskesmas ini, selama lebaran hanya dijaga oleh dokter non-PNS, dokter PNS-nya semua cuti. Saya kira tidak tepat kalau seperti itu karena penanggung jawabnya ada pada dokter PNS di Puskesmas," ujar Adrianus pada Jumat (7/6).

Adrianus mengaku kecewa atas kurangnya jumlah dokter dan paramedis yang berjaga.

"Ini perawat dan dokter masing-masing cuma satu yang jaga, bagaimana itu?" ucapnya.

Atas temuan tersebut, Ombudsman akan melaporkannya ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebagai bahan evaluasi ke depan.

Di kesempatan yang sama, Penanggung Jawab Harian Puskesmas Setiabudi dr. Herjuno langsung mengklarifikasi temuan sidak Ombudsman. 

Meski tidak membantah status kontrak dokter yang berjaga, namun dr. Herjuno membantah dokter yang bertugas saat libur lebaran hanya ditugaskan satu orang saja.

Sponsored

Menurutnya, sejak pagi sudah ada dua orang dokter yang bertugas yakni satu di ruang poli. Satu lagi di ruang IGD. Sedangkan, paramedis atau perawat memang hanya satu orang yang bertugas karena ada yang cuti. Sebagai tambahan, bidan juga diberdayakan untuk membantu pelayanan IGD.

"Sebenarnya ada dua dokter yang berjaga, cuma satunya tadi stand by di IGD," ujar dr. Herjuno.

Lebih lanjut ia memastikan bahwa layanan 24 jam di Puskesmas tersebut tetap dibuka termasuk pada hari-H Idul Fitri 2019. Sementara layanan biasa mengikuti jadwal cuti bersama.

"Jumat kemarin hari terakhir pelayanan untuk poli umum dan poli-poli lainnya," ujarnya.

Pantauan Alinea.id, Ombudsman melakukan sidak di Puskesmas Setiabudi dengan mulai mengecek Ruang Klinik 24 Jam. Kemudian memantau kondisi ruang tunggu pasien dan terakhir mengecek mobil ambulans yang ada di puskesmas. 

Sebelum sampai di Puskesmas Setiabudi, lebih dulu tim Ombudsman melakukan tinjauan ke rumah tahanan (rutan) kelas I Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sayang sidak urung dilakukan karena persoalan izin.

Selain menyidak rutan KPK dan Puskesmas Setiabudi, tim ORI dikabarkan bakal menyisir lima lokasi lainnya yaitu Polsek Cempaka Putih, Rutan Pondok Bambu, Polsek Pulogadung, Rumah Sakit Koja, Plumpang Pertamina, dan Dinas Pemadam Kebakaran Tanjung Priok. 

Adapun tujuan dari rangkaian sidak tersebut ialah dalam rangka memantau pelayanan publik, apakah masyarakat tetap mendapatkan pelayanan publik secara optimal selama libur lebaran.