sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Terima laporan Kopaska, Panglima TNI harap korban SJ-182 bisa segera diangkat

Sejumlah benda diduga milik Sriwijaya Air ditemukan oleh tim Kopaska di kedalaman 23 meter.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Minggu, 10 Jan 2021 13:55 WIB
Terima laporan Kopaska, Panglima TNI harap korban SJ-182 bisa segera diangkat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut telah menemukan sejumlah benda yang diduga pecahan dari pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Hal itu disampaikan setelah dirinya mendapat laporan dari KRI Rigel dan tim komando pasukan katak (Kopaska) yang terlibat dari proses evakuasi.

"TNI Rigel sudah menemukan sinyal, dan setelah dilakukan penyelaman oleh Kopaska itu sudah ditemukan beberapa pecahan dari pesawat tersebut karena terbukti di sini ada life vest, kemudian juga warna dari bagian pesawat, dan juga bagian dari registrasinya," kata Hadi, kepada wartawan, Minggu (10/1).

Hadi menambahkan, sejumlah benda tersebut ditemukan oleh tim Kopaska di kedalaman 23 meter di bawah perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Dia menyampaikan, jarak pandang di bawah laut cukup jelas.

"Sehingga memungkinkan apabila nanti ditemukan bagian-bagian dari pesawat tersebut atau korban, sampai sore hari ini, semoga bisa diangkat. Kalau tidak ada perubahan arus di bawah," tutur Hadi.

Dia berharap, dari temuan itu dapat dikembangkan untuk menemukan titik terang temuan lain.

"Semoga, dari apa yang ditemukan ini bisa kita kembangkan. Kami yakin bahwa di situlah titik yang diperkirakan jatuhnya pesawat tersebut," pungkas Hadi.

Diketahui, sejumlah puing yang diduga kepingan bagian pesawat dan potongan tubuh yang diduga korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 mulai ditemukan oleh Tim SAR dan aparat yang terlibat evakuasi.

Sebagian temuan tersebut diserahkan ke Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri, di antaranya adalah barang yang diduga milik korban penumpang pesawat jatuh Sriwijaya Air SJ-182. Barang tersebut diterima dari KRI Kurau, yang turut terlibat proses evakuasi.

Sponsored

"Segera melakukan pemeriksaan terhadap barang yang diserahkan KRI Kurau. Kami mengambil properti berupa baju anak-anak warna pink," kata Kasubdit Dokpol Bidokkes Polda Metro Jaya, Kompol Asep Yunardi, di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1).

Berita Lainnya