sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Terlibat penculikan WNA, 4 polisi terancam sanksi berat

Keempat personel polisi itu terancam sanksi internal dan sanksi pidana.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 05 Nov 2019 14:05 WIB
Terlibat penculikan WNA, 4 polisi terancam sanksi berat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 121226
Dirawat 38076
Meninggal 5593
Sembuh 77557

Empat oknum polisi yang terlibat penculikan warga negara asing asal Inggris, terancam hukuman berat. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, hal ini dikarenakan mereka terlibat tindakan pidana.

Dengan demikian, keempatnya akan dikenai hukuman pidana yang berlaku, sesuai dengan perbuatannya. Selain itu, mereka juga terancam sanksi internal yang berlaku di lingkungan Polri.

“Prinsipnya kalo terbukti, kalau dia malah mencederai profesinya, malah jadi pelanggar hukum, pelaku tindak pidana atau membantu terjadinya suatu tindak pidana, harus dihukum keras, dua kali lipat,” kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/11).

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri Irjen Pol Listyo Sigit menyatakan, saat ini keempatnya masih dalam proses pemeriksaan. Keempatnya akan menjalani sidang etik internal, untuk menentukan hukuman yang akan dijatuhkan. 

Meski demikian, Listyo belum dapat memastikan kapan sidang etik akan berlangsung. Hanya saja, dia menyebut, keempat personel kepolisian itu berpotensi dipecat dari institusi Polri.

"Pelanggaran terkait kode etik bisa diberikan sanksi terberat PTDH (pemecatan tidak dengan hormat)," katanya.

Empat orang personel polisi tersebut adalah personel Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Bripda JB, serta tiga orang anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, yaitu Bripda NP, Briptu H, dan Bripda SB.

Keempat orang tersebut membantu menculik dan memeras WNA asal Inggris bernama Matthew Simon, pada 30 Oktober 2019 lalu. 

Sponsored

Penculikan tersebut dilatarbelakangi perselisihan bisnis antara Matthew dengan pelaku lain bernama Giovani. Ia kemudian merencanakan penculikan dengan bantuan pacarnya yang bernama Nola Aprilia.

Nola yang merupakan saudara Bripda JB, meminta bantuan saudaranya itu untuk melakukan penculikan terhadap Matthew. Dalam aksinya, Bripda JB dibantu tiga orang rekannya dari Polres Metro Jakarta Timur.

Berita Lainnya