sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tiba di Bareskrim, penyidik langsung proses Maria Lumowa

Maria Pauline Lumowa dibawa ke Bareskrim Polri setelah tiba di Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng menggunakan pesawat GA 9790.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 09 Jul 2020 16:25 WIB
Tiba di Bareskrim, penyidik langsung proses Maria Lumowa
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 278722
Dirawat 61379
Meninggal 10473
Sembuh 206870

Maria Pauline Lumowa, buronan pembobol kredit BNI Rp1,7 Triliun, telah tiba di Bareskrim Polri siang tadi. Namun, kedatangan Pauline tidak terdeteksi awak media.

Pauline dibawa ke Bareskrim Polri setelah tiba di Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, menggunakan pesawat GA 9790.

"Sudah sampai di Bareskrim," kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat dikonfirmasi, Kamis (9/7).

Sigit menyebut, setelah ini penyidik langsung meneruskan penyidikan atas kasus tersebut. Pasalnya, tidak ada kendala dalam kasus itu, selain hilangnya Pauline.

"Setelah diserahkan, maka Bareskrim akan melanjutkan penyidikannya. Kami tidak ada kendala terkait kewarganegaraannya, karena kasusnya terjadi di Indonesia," tuturnya.

Kasus yang menjerat Pauline bermula saat ia mengajukan pinjaman ke BNI untuk PT Gramarindo Group pada 2002. Namun, PT BNI menaruh curiga lantaran pinjaman itu melibatkan beberapa bank yang bukan rekanan mereka.

BNI kemudian melakukan investigasi pada 2003 dengan hasil perusahaan tersebut tidak pernah melakukan ekspor. Pauline kemudian dilaporkan ke Mabes Polri dan ditetapkan sebagai tersangka.

Pauline lalu melarikan diri ke Singapura sejak September 2003. Setelah itu dikabarkan di Belanda.

Sponsored
Berita Lainnya