sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tiga anggota Laskar FPI jadi DPO teroris

Polri membenarkan tiga anggota Laskar FPI jadi DPO Densus 88.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 07 Apr 2021 13:03 WIB
Tiga anggota Laskar FPI jadi DPO teroris
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengumumkan penetapan status daftar pencarian orang (DPO) terkait kelompok teroris di Condet, Jakarta Timur, bernama Husein Hasni yang telah dilakukan penangkapan. Tiga DPO itu bernama Yusuf Iskandar alias Jerry, Nouval Farish, dan Arief Rahman Hanoum.

Ketiganya diketahui merupakan bagian dalam keanggotaan Laskar Front Pembela Islam (FPI). "Tiga DPO itu benar adalah DPO Densus 88 Antiteror Polri," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu (7/4).

Menurut Ramadhan, pihak Densus 88 belum dapat membeberkan mengenai peran ketiganya. Dia juga menekankan keterikatan tiga DPO dengan salah satu organisasi bukan menjadi wewenangnya. "Nanti perannya kita update lagi," tuturnya.

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Densus 88 Antiteror, ketiganya berperan mengetahui perencanaan aksi amaliyah dengan sasaran TNI dan Polri, industri milik warga China dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Sponsored

Mereka juga disebut turut membuat bom untuk aksi itu dan mengetahui apa yang dilakukan teroris Husein Husni. Pasalnya, mereka sama-sama bagian dari Laskar FPI.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror mendalami hubungan antara tersangka terorisme Husein Hasny (HH) yang ditangkap di Condet, Jakarta, dengan Habib Rizieq Shihab. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan, Densus 88 Antiteror juga mendalami sebuah foto saat Husein Hasny datang ke persidangan Habib Rizieq Shihab pekan lalu.

Dia juga memastikan Densus 88 Antiteror akan terus mendalami keterkaitan tersangka dengan organisasi terlarang Front Pembela Islam (FPI). "Foto HH dan ZA ada pada saat sidang (Habib Rizieq) dan beberapa kegiatan-kegiatan ormas terlarang itu, ini masih kami dalami korelasinya apakah benar ada keterkaitan mereka semuanya," ujar Yusri saat dikonfirmasi, Selasa (30/3).

Berita Lainnya