sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Tito Karnavian serahkan panji Tribatra Polri ke Idham Azis

Dalam pidato penyerahan panji Tribrata, Kapolri Idham Azis berjanji akan melanjutkan seluruh program yang dicanangkan Tito.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Rabu, 06 Nov 2019 09:59 WIB
Tito Karnavian serahkan panji Tribatra Polri ke Idham Azis

Sejak dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada 21 Oktober lalu, secara resmi Tito Karnavian telah melepas posisinya sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Tongkat estafet Kapolri pun diserahkan ke Idham Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Jenderal Polisi Idham Azis resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat (1/11) lalu. Sedangkan upacara tradisi serah terima panji-panji Tribrata Kapolri dan tradisi pengantar tugas baru dapat diselenggarakan pada hari ini, Rabu (6/11), di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. 

Dalam pidato saat upacara berlangsung, Mendagri Tito mengingatkan tugas dan tantangan yang dihadapi Polri semakin berat. Polri merupakan pengemban utama untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Meski begitu, Tito yakin dan percaya Kapolri baru dapat menghadapinya berdasarkan pengalaman yang dimiliki Idham. 

"Dengan bekal pengalaman tugas, saya percaya Polri akan semakin profesional, modern, dan dipercaya publik untuk mengemban tugas, sehingga Insyaallah Jenderal Idham Azis akan melaksanakan tugas-tugas tersebut," kata Tito. 

Sementara itu, Kapolri Idham Azis mengatakan, amanah yang diberikan kepadanya merupakan sebuah tanggung jawab besar. Ia pun bersedia mewakafkan dirinya selama 14 bulan ke depan untuk memberikan pengabdian yang terbaik.

Idham pun berjanji akan melanjutkan seluruh program yang dicanangkan oleh Tito selama menjadi kapolri. Ia juga menjamin bahwa solidaritas antara TNI dan Polri akan terus dipertahankan, karena merupakan bagian pilar NKRI yang telah mengkristal untuk mengawal Indonesia.

"Saya mohon doa restu kepada seluruh hadirin sekalian, semoga amanah ini bisa saya emban dengan baik dan saya sadar betul tanpa bantuan bapak ibu sekalian, tidak mungkin polisi ini bisa berjalan sendiri," tegas dia.

Sponsored

Dalam upacara serah terima Tribrata tersebut turut hadir pula beberapa pejabat negara, seperti Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Aziz Syamsudin, dan pejabat negara lainnya.