sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Tito sambangi kantor Menko Polhukam laporkan situasi Papua

Kunjungan Tito Karnavian ke kantor Menko Polhukam untuk melaporkan pekerjaan awalnya.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 29 Okt 2019 14:26 WIB
Tito sambangi kantor Menko Polhukam laporkan situasi Papua

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, untuk pertama kali. Pertemuan dengan Menko Polhukam berlangsung selama 30 menit, salah satunya membahas soal Papua.  

Tito mengatakan, kedatangannya hanya bermaksud untuk bersilaturahmi, dan membuka komunikasi awal dengan Menko Polhukam Mahfud MD pascadilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu. Sejak dilantik, dirinya belum sempat bertemu dan berkomunikasi dengan Mahfud. 

Alasannya, Tito mendapatkan tugas untuk mendampingi Presiden Jokowi bertandang ke Papua. 

"Kunjungan biasa. Semenjak dilantik saya belum menghadap beliau. Saya langsung mendampingi Presiden ke Papua," ujar Tito usai bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud pada Selasa (29/10).

Mantan Kapolri ini juga mengatakan, kunjungan ke kantor Mahfud sebagai bentuk kewajiban. Sebab, Mendagri berada di bawah koordinasi Menko Polhukam. 

Dalam pertemuannya dengan Mahfud, Tito mengatakan, telah melaporkan pekerjaan awalnya sebagai menteri kepada Mahfud. Salah satunya, ketika ia mengunjungi Papua, dan berdiskusi soal isu yang sedang berkembang di Papua.

Kendati demikian, saat ditanya detail pembicaraannya dengan Mahfud, Tito enggan menjelaskan. Tito mengatakan, dengan Menko Polhukam hanya berbicara soal isu yang berkembang di Papua, dan langkah yang harus diambil. 

"Intinya itulah. Tapi untuk detail kami akan bicarakan lagi," pungkas Tito.

Sponsored

Pantauan Alinea.id, Mendagri Tito tiba pukul 12.35 WIB. Ia menggunakan pakaian batik bermotif cokelat.  

Saat awak media hendak menghampiri, kawalan ketat menyertai kedatangannya.  Tito langsung memasuki gedung Kemnko Polhukam.

Selain Tito, Duta Besar Australia Gary Quinllan juga mendatangi Kemenko Polhukam.

Gary terlihat mengenakan batik unggu, dan datang menggunakan kendaraan sedan berwarna hitam.