sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Persiapan new normal, TNI dan Polri ikut disiplinkan pelaksanaan protokol kesehatan

Kegiatan ini digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Hermansah
Hermansah Selasa, 26 Mei 2020 09:52 WIB
Persiapan new normal, TNI dan Polri ikut disiplinkan pelaksanaan protokol kesehatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 563.680
Dirawat 80.023
Meninggal 17.479
Sembuh 466.178

Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, dan Gubernur DKI Anies Baswedan, meninjau fasilitas umum di Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, untuk meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal di sarana publik, pada Selasa (26/5) pagi.

Dalam keterangan persnya, Presiden mengatakan, kedatangannya ke Stasiun MRT Bundaran HI, dalam rangka dimulainya dukungan pasukan TNI dan Polri untuk penerapan prosedur standar new normal. Penerapan terutama di titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk ikuti protokol kesehatan sesuai pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kegiatan ini digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota. Kami berharap disiplin yang kuat akan semakin terjaga dan kami harapkan keberadaan TNI dan Polri yang ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, bisa menurunkan kurva penyebaran Covid-19," kata Presiden.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto, menambahkan, keikutsertaan TNI dan Polri mendisiplikan protokol kesehatan dimaksudkan agar masyarakat bisa melaksanakan kegiatan dan aman terhadap Covid-19.  

"Objeknya tempat lalu lintas masyarakat, mal, pasar rakyat, dan tempat pariwisata. Dari data yang ada, sebanyak 1.800 objek di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang akan dilakukan pendisiplinan," jelas dia. 

Untuk tahap pertama, kegiatan dilakukan serentak di empat tempat, yakni DKI Jakarta (Bundaran HI), Jawa Barat (Bekasi), Provinsi Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Dalam aktivitasnya, TNI dan Polri akan memastikan masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti mempergunakan masker, tetap menjaga jarak aman, dan memastikan tersedianya tempat cuci tangan lengkap dengan alat sanitasi.

"Misalkan saja di mal yang memliki kapasitas 1.000 pengunjung hanya akan diizinkan 500 pengunjung saja dan ini akan diawasi. Begitu juga dengan rumah makan. Ini kerja sama antara TNI, Polri, pemda, dan gugus tugas. Anggota TNI/Polri yang diturunkan untuk kegiatan ini berjumlah 340.000," terang dia.

Sponsored

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, perpanjangan PSBB Provinsi DKI Jakarta hingga 4 Juni 2020, menjadi fase penentu masa transisi menuju kenormalan baru atau new normal

"Perpanjangan ini adalah masa menentukan. Mengapa?  Karena bila di hari-hari ini, penularan di Jakarta menurun, angka kasus baru menurun, kemudian yang biasa digunakan oleh para ahli epidemiologi yang disebut reproduction number, angkanya sekarang di Jakarta sekitar 1, bisa turun di bawah 1, maka sesudah 4 Juni, kita bisa melakukan transisi menuju kenormalan baru,” jelas Anies.

Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kamis, 03 Des 2020 16:21 WIB
Berita Lainnya