logo alinea.id logo alinea.id

Tol Bocimi diresmikan setelah molor 20 tahun

Beroperasinya Bocimi Seksi I ini akan mengurai kemacetan di daerah Selatan dan Timur Bogor

Hermansah
Hermansah Minggu, 02 Des 2018 20:27 WIB
Tol Bocimi diresmikan setelah molor 20 tahun

Presiden Jokowi Widodo didampingi Bupati Bogor Nurhayanti dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum telah meresmikan exit tol Bocimi di Cigombong, Kabupaten Bogor.

"Paling tidak ini bisa mengurangi kemacetan Bogor - Ciawi sampai Cigombong dan kita harapkan pada 2020 selesai, kemudian diteruskan sampai ke Cianjur terus ke Bandung. Jadi, ada alternatif lain dari Bandung ke Jakarta," katanya di Cibinong, Minggu (2/12).

Tol Bocimi Seksi I ini menghubungkan Ciawi - Cigombong sepanjang 14,35 kilometer. Total ruas tol Bocimi yakni 54 kolom. Diharapkan dengan beroperasinya Bocimi Seksi I ini akan mengurai kemacetan di daerah Selatan dan Timur Bogor.

Pengerjaannya sempat molor hingga 20 tahun. Bahkan hingga terjadinya pergantian investor. Namun, pada 2015 Pemerintah Pusat memutuskan untuk mengambil alih proyek tersebut. Dengan adanya amanat dari Presiden Jokowi sempat mengalami perpanjangan waktu, bahwa molornya proyek Bocimi ini dikarenakan faktor alam.

Sponsored

"Pengerjaan memang sudah memakan waktu hingga 20 tahun lamanya dikarenakan pemandangan sekitar Bocimi memang indah, cantik. Mungkin itu yang menyebabkan molornya proyek itu," katanya.

Namun juga menegaskan dimana pengerjaan double track kereta api ke Sukabumi akan selesai pada 2020. Selain itu, proyek bandara baru pun akan dimulai pengerjaannya tahun depan karena lokasinya sudah ditetapkan.

"Bandara di Sukabumi insyaAllah tahun depan sudah dimulai," kata Jokowi.

Sumber : Antara