sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Uang Rp400 juta dari Doni Salmanan yang diterima Rizky Febian tidak disita

Penyidik tengah menyusuri aliran dana dari Doni Salmanan kepada setiap figur publik.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 18 Mar 2022 07:18 WIB
Uang Rp400 juta dari Doni Salmanan yang diterima Rizky Febian tidak disita

Polisi menegaskan tidak akan menyita aliran dana dari Doni Salmanan kepada Artis Rizky Febian. Sebab, aliran dana sebesar Rp400 juta yang diberikan tersangka kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat platform Quotex itu, saat momen lelang untuk donasi kemanusiaan. 

Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol mengatakan, uang tersebut telah disumbangkan ke sebuah yayasan. Hal itu sesuai dengan niatan Rizky Febian yang melelang kopi racikannya kepada warganet dan dibeli seharga Rp400 juta oleh Doni Salmanan. 

"Uang itu tidak kita sita (dan) sudah disumbangkan ke yayasan," tutur Reinhard saat dikonfirmasi, Kamis (17/3).

Sebelumnya, Artis Rizky Febian menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri dalam perkara yang terkait nama tersangka Doni Salmanan. Penyidik tengah menyusuri aliran dana dari Doni Salmanan kepada setiap figur publik. 

Kuasa Hukum Rizky Febian, Ahmad Ramzy mengatakan, Iky (panggilan akrab Rizky Febian) menerima uang senilai Rp400 juta dari Doni Salmanan. Afiliator platform Quotex itu membeli lelang kopi racikan kliennya saat peluncuran produksi kopi baru dari anak Sule tersebut. 

"Kenal Doni Salmanan (bulan) September. Waktu itu ada, Iky bikin produk minuman, habis itu Doni Salmanan komentar (di live instagram) di situ kenalnya," kata Ahmad di Bareskrim Polri, Rabu (16/3). 

Ahmad mengatakan, Iky menerima 19 pertanyaan dari penyidik. Penyidik juga tidak membahas terkait pengembalian dana itu untuk masuk dalam penyitaan aliran dana dari Doni Salmanan. 

"Tidak ada ke sana (pengembalian) karena semuanya sudah kita sampaikan ke penyidik," ujar Ahmad. 

Sponsored

Rizky mengaku, uang yang ia terima dari Doni setelah lelang itu digunakan untuk donasi ke yayasan. Namun, ia belum mengenal Doni saat lelang itu terjadi. 

"Kalau itu saya lakukan untuk donasi, untuk yayasan saat itu juga. Waktu itu saya tidak tahu menahu juga kan, maksudnya ini bisa jadi pelajaran buat saya ke depannya," kata Rizky. 

Iky sendiri mengaku kaget dengan pemberitaan terkait Doni Salmanan karena dirinya pun tersangkut akibat aliran dana itu. Ia mengaku akan lebih berhati-hati ke depannya.

Berita Lainnya
×
tekid