logo alinea.id logo alinea.id

UNBK SMP/MTS diwarnai gangguan server di seluruh wilayah RI

Pengelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP/Sederajat) diwarnai gangguan server.

Sukirno
Sukirno Senin, 23 Apr 2018 18:07 WIB
UNBK SMP/MTS diwarnai gangguan server di seluruh wilayah RI

Pengelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP/Sederajat) diwarnai gangguan peladen atau server di berbagai daerah di Indonesia.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar menyatakan gangguan jaringan dari pusat sempat membuat pelaksanaan UNBK tingkat SMP/sederajat di kabupaten tersebut tertunda.

"Akibat adanya gangguan server pusat, pelaksanaan UNBK sempat tertunda sekitar satu jam dan Alhamdulillah setelah adanya perbaikan pelaksanaan ujian berlangsung lancar," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Fata Muhammad di Aceh Besar, seperti dilansir Antara, Senin (23/4).

Dari Kabupaten Batanghari Jambi juga dilaporkan senada, pelaksanaan UNBK terkendala jaringan server. Para peserta juga ujian harus menunggu hingga 1 jam untuk memulai unduhan soal-soal UNBK.

Tak berbeda, UNBK di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, juga terjadi gangguan. "Bukan di sekolah kami saja yang tertunda pelaksanaan UNBK di hari pertama ini, tetapi di seluruh Indonesia. Sebab, server yang mengalami gangguan itu adalah milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI," ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 13 Ogan Komering Ulu (OKU), Marzuan di Baturaja.

Begitu juga dengan UNBK di Lebak, Banten. Gangguan server sempat mengganggu UNBK hingga 30 menit. Gangguan terjadi pada pukul 07.30 WIB, yang kemudian kembali berfungsi pada pukul 08.00-10.00 WIB.

Saat bersamaan, UNBK di Surabaya juga terganggu akibat kerusakan server dari Kementerian Pendidikan. Bahkan, siswa peserta UNBK yang seharusnya memulai ujian pukul 07.30 WIB harus tertunda hingga pukul 09.00 WIB.

Setali tiga uang, UNBK di Manado juga terkendala gangguan internet di server pusat. Ujian sesi pertama harus mundur menjadi pukul 10.00 WIB dari seharusnya pukul 07.30 WIB.

Sponsored

Gangguan server tersebut membuat wali murid mengeluhkan. "Tadi pagi seharusnya anak saya ujian pukul 07.30 WIB, namun diundur setengah jam karena kendala server," ujar wali murid, Inung Kurnia, di Jakarta Selatan.

Kendala gangguan server memang tidak hanya terjadi di daerah-daerah tersebut. Hampir seluruh wilayah di Indonesia yang tengah menggelar UNBK terganggu oleh kerusakan server.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hamid Muhammad, mengatakan kendala server memang hal yang lumrah terjadi saat UNBK. Saat ini kendala tersebut ditangani oleh pihak Puspendik.

"Kami sudah meminta pihak Puspendik untuk mengatasi persoalan kendala server ini," kata Hamid.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Totok Suprayitno, mengatakan pihaknya memberikan keleluasaan kepada pihak sekolah untuk memundurkan jadwal ujian hingga persoalan server teratasi.

"Sekolah bisa memundurkan jadwal ujian, sampai persoala server ini selesai," kata Totok.

Sebanyak 4.296.557 siswa SMP dan MTs mengikuti UN yang diselenggarakan pada 23 April hingga 26 April 2018. Dari jumlah tersebut, peserta yang mengikuti UNBK sebanyak 63% atau 2.694.692 siswa dan UNKP diikuti 1.601.865 siswa atau 37%.

UN untuk tingkat SMP mengujikan empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pada tahun ini, hanya dua provinsi yang menyelenggarakan UNBK 100 persen yakni DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Untuk UN susulan sendiri akan dilangsungkan pada 8 dan 9 Mei 2018, serta pengumuman pada 23 Mei.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan kendala yang dialami sejumlah sekolah di beberapa wilayah disebabkan karena kelebihan kapasitas.

"Kapasitasnya sangat over load karena tahun ini kan terjadi lonjakan peserta UN sangat drastis jumlah SMP yang ikut dibanding tahun lalu sehingga kapasitasnya tidak memadai yang diluar perkiraan kita," kata Mendikbud di Timika, Senin.

Kendati demikian, Muhadjir mengatakan bahwa kendala gangguan server yang dialami sejumlah SMP pada pelaksanan UNBK hari pertama tersebut hanya berlangsung selama tidak lebih dari 30 menit dan langsung ditangani sehingga pelaksanaan UNBK sudah dapat dilaksanakan dengan baik.

"Sudah dilaksanakan, tidak sampai setengah jam dan sudah dilaksanakan," ujarnya. Pelaksanan UN tingkat SMP tahun 2018 ini, Mendikbud meninjau langsung pelaksanan di sejumlah sekolah di Timika, Mimika, Papua.

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB