sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Vaksinasi Covid-19 saat Ramadan, dr. Tomang: Ini bagian ikhtiar

Masyarakat tidak perlu ragu saat vaksinasi Covid-19 di siang hari.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Minggu, 11 Apr 2021 13:18 WIB
Vaksinasi Covid-19 saat Ramadan, dr. Tomang: Ini bagian ikhtiar

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan terus berlangsung selama bulan Ramadan. Sebab, menurut dr. Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD, FISQua Ahli Patologi Klinik Universitas Sebelas Maret, bahwa vaksinasi merupakan usaha bersama 

"Vaksinasi ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk menangani Covid-19, saya mengajak masyarakat semua agar vaksinasi ini diniatkan dengan baik semoga mendapat berkah dari Allah SWT, sehingga membantu mengatasi pandemi," kata dr. Tonang dalam keterangannya, Minggu (11/4).

Dia menjelaskan, masyarakat tidak perlu ragu saat vaksinasi Covid-19 di siang hari, yang terpenting adalah kondisi yang fit dan istirahat cukup. Jika memiliki komorbid seperti diabetes, sebetulnya sebelum ada vaksinasi sudah ada petunjuk bagaimana menjalankan puasa sebagai seorang pasien diabetes. 

"Petunjuk itu yang harus dijalani, prinsipnya tidak perlu takut untuk divaksinasi, kalau ragu berkonsultasi dengan dokter saat tiba waktunya divaksinasi," ujar dr. Tonang. 

Sponsored

Sementara, Prof. DR. dr. Soedjatmiko, SpA (K), Msi, anggota Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional, menyampaikan, bagaimana masyarakat harus berperan aktif dalam mendorong vaksinasi bagi lansia. "Saya mengusulkan agar pengurus RT/RW dibantu warga relawan semisal guru memberikan edukasi ke rumah-rumah para lansia ini untuk menjelaskan manfaat vaksinasi Covid-19. Apabila diperlukan, lansia diantarkan ke lokasi vaksinasi dengan mekanisme skrining di awal dan dibantu pendaftarannya secara online," ucap dia.

Dia berharap, seluruh masyarakat dapat selalu mematuhi protokol kesehatan saat beribadah yang sudah dikeluarkan dengan 3M dan prokes lainnya.

Berita Lainnya