sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Wali Kota Bogor klaim naturalisasi Ciliwung berhasil

Wali Kota Bogor sepakati usulan Pemprov DKI Jakarta terkait penanganan banjir.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Jumat, 24 Jan 2020 20:08 WIB
Wali Kota Bogor klaim naturalisasi Ciliwung berhasil

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto sesumbar program naturalisasi Sungai Ciliwung yang dilakukannya berhasil menangani banjir, pasalnya banjir di wilayahnya tidak begitu parah saat malam tahun baru lalu.

Sebab itulah, lanjut Bima, dia tidak dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu bersama kepala daerah lainnya.

Bima sepakat dengan apa yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Beswedan bahwa hulu merupakan penentu aliran air ke Jakarta. Untuk itu Pemerintah Kota Bogor akan menindaklanjuti usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Bogor sudah menyepakati ada usulan untuk membangun kolam retensi yang dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Bima di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1).

Selain kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, pihaknya akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, untuk mengatasi banjir dengan membuat sumur resapan, termasuk naturalisasi Sungai Ciliwung yang dianggap berhasil.

Kendati demikian, Bima enggan berkomentar saat disinggung apakah dia akan memberi saran kepada Anies atas keberhasilannya itu, karena naturalisasi Ciliwung yang melintasi Jakarta merupakan urusan Gubernur Anies.

"Kami akan fokus saja bagaimana membuat Ciliwung ini, volume air ke Jakartanya berkurang," jelas dia.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menyambangi Kemenko Polhukam. Kunjungan itu dilakukan bersama jajarannya. Bersama rombongan, sekitar pukul 16.00 WIB. Pertemuan berlangsung kurang lebih selama 30 menit.

Sponsored
Berita Lainnya