sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Wapres imbau ceramah keagamaan serukan narasi kerukunan

Kerukunan umat beragama merupakan unsur utama dari terciptanya kerukunan nasional. 

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Minggu, 17 Nov 2019 13:17 WIB
Wapres imbau ceramah keagamaan serukan narasi kerukunan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau kepada seluruh tokoh agama dan penceramah keagamaan, agar menyampaikan narasi kerukunan dalam khotbah-khotbahnya. Ma'ruf meminta agar ceramah keagamaan yang disampaikan bermuatan positif.

"Narasi kita dalam khutbah di masjid, di gereja, di dalam ceramah-ceramah kita, harus kita hindarkan narasi-narasi yang menimbulkan konflik dan permusuhan," kata Wapres Ma'ruf Amin di Gedung Sarinah Jakarta, Minggu (17/11).

Wapres juga mengimbau agar para pemuka agama menyampaikan pesan pada para jemaahnya untuk saling menghargai dan menghormati. Apalagi masyarakat Indonesia memiliki agama dan kepercayaan yang beragam. 

"Kita sudahi narasi konflik yang menimbulkan perbedaan," ucapnya. 

Sponsored

Ma'ruf menjelaskan, tokoh agama memiliki peranan penting dalam menciptakan kerukunan di masyarakat. Kerukunan umat beragama, kata dia, merupakan unsur utama dari terciptanya kerukunan nasional. 

Acara-acara bernuansa kerukunan juga dibutuhkan saat ini untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga upaya-upaya yang muncul untuk memecah persatuan bangsa tidak berhasil dilakukan.

"Karena memang Indonesia ini berkita-kita, dalam arti agama ada kita Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, tapi semua kita adalah Kita Indonesia," katanya.

Berita Lainnya