sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPBD DKI: Waspada potensi hujan lebat sepekan ke depan

Seluruh wilayah Jakarta masih berpotensi hujan intensitas lebat sepekan ke depan

Fathor Rasi
Fathor Rasi Sabtu, 20 Feb 2021 20:06 WIB
BPBD DKI: Waspada potensi hujan lebat sepekan ke depan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan seluruh wilayah DKI Jakarta masih berpotensi hujan dengan intensitas lebat sepekan ke depan hingga 25 Februari 2021. Untuk itu, warga diimbau tetap waspada terhadap potensi banjir yang dapat terjadi.

"Terutama hujan di malam hari, yang menerus hingga dini hari dan esok hari menjelang pagi. Sementara 21 Februari intensitas hujan cenderung melemah hingga 22 Februari, dan akan meningkat kembali menjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada tanggal 23 s/d 24 Februari 2021," bunyi keterangan tertulis Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabtu (20/2).

Disebutkan, curah hujan yang terjadi di DKI Jakarta saat ini masih lebih rendah dibanding Januari 2020, yang juga menyebabkan banjir di wilayah Jabodetabek.

"Wilayah Jabodetabek masih masuk puncak musim hujan yang diperkirakan masih berlangsung pada akhir Februari hingga awal Maret 2021," lanjutnya.

Untuk sepekan ke depan, yakni 19 hingga 24 Februari, juga perlu diwaspadai peningkatan gelombang tinggi disejumlah perairan di wilayah Indonesia yaitu gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter atau kategori tinggi.

"Musim hujan 2020-2021 dipengaruhi dengan fenomena iklim global La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan hingga 40 % berlangsung setidaknya hingga Mei 2021," terangnya.

Tingginya intensitas hujan sejak kemarin memicu banjir di DKI Jakarta, BPBD setempat tercatat sebanyak 372 KK dengan total 1.361 orang mengungsi, serta 4 RW dan 6 RT terdampak banjir di Jakarta Barat. Total pengungsi banjir di DKI Jakarta sebanyak 379 KK atau 1.380 orang.

Di sisi lain, masih banyak wilayah terdampak banjir akibat tingginya curah hujan dan luapan Kali Ciliwung, Kali Krukut, dan Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan. Juga luapan saluran penghubung (PHB) Sulaiman, Kali Sunter, Kali Cipinang di Jakarta Timur.

Sponsored

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kondisi genangan sedang ditangani oleh Dinas Sumber Daya Air, Damkar, dan PPSU Kelurahan yang ditargetkan akan surut dalam waktu cepat. Kami juga masih mengerahkan personel untuk memantau situasi di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto dalam keterangan tertulis hari ini.

Berita Lainnya