sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies dan Ariza positif Covid-19, Wiku: Virus menular tanpa pandang jabatan

Wiku mengutarakan, rasa prihatin terhadap dua pimpinan DKI Jakarta yang terinfeksi Covid-19.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 01 Des 2020 18:55 WIB
Anies dan Ariza positif Covid-19, Wiku: Virus menular tanpa pandang jabatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan, masyarakat bahwa coronavirus dapat menular kepada siapapun, tanpa memandang latar belakang jabatan. Pernyataan ini sekaligus dia lontarkan merespon Gubernur DKI,  Anies Baswedan dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI, Ahmad Riza Patria (Ariza) terkonfirmasi poaitif Covid-19.

"Satgas berharap, diagnosa Covid-19 pada pimpinan daerah dapat menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 berpotensi untuk menular pada siapapun, siapa saja, tanpa memandang status maupun latara belakang, bahkan apapu pekerjaannya," ujar Wiku, dalam konfrensi pers yang disiarkan secara virtual, Selasa (1/12).

Kendati demikian, Wiku menekankan, betapa pentingnya masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dan tidak pergi dan membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Pada kesempatan itu, Wiku mengutarakan, rasa prihatin terhadap dua pimpinan DKI Jakarta yang terinfeksi Covid-19. Namun, dia menegaskan bahwa penegakan kebijakan penanganan coronavirus terus berlanjut meski kedua pimpinan itu sedang menjalani isolasi mandiri.

"Jadi satgas turut prihatin dengan terkonfirmasi positif Covid-19 yang dialami oleh Pak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Meski demikian, kebijakan pencegahan Covid-19 terus berjalan dan fokus kepada implementasi pada strategi 3M dan 3T," terangnya.

Bahkan, Wiku mengaku, akan menambah kapasitas testing dan tracing di DKI Jakarta. Hal itu didasari lantaran pertumbuhan kasus positif Covid-19 di ibu kota negara ini terus alami lonjakan pada pekan terakhir November.

"Maka testing dam traxing sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penularan," tuturnya.

"Lebih dari pada itu, paling penting ialah masyarakat harus mampu menghindari terjadinya kontak dan penularan diantara keluarga atau tempat kerja atau dimanapun berada. Kita harus waspada, tidak boleh terulang kembali peningkatan kasus kembali yang tak terkendali," tandas Wiku.

Sponsored

Sebagai informasi, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilaporkan telah terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes usap PCR Anies yang keluar pada Selasa (1/12) dini hari.

Anies menyampaikan, kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. Saat ini, kata dia, dirinya tengah melakukan isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," kata Anies, dalam keterangannya, Selasa (1/12).

Berita Lainnya