sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wiku sebut kasus Covid-19 cukup terkendali

Pemerintah daerah diharap tetap konsisten mempertahankan kinerja penanganan Covid-19.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 01 Jun 2021 17:29 WIB
Wiku sebut kasus Covid-19 cukup terkendali

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengapresiasi kinerja para kepala daerah karena kasus Covid-19 Indonesia ini berada pada kondisi terkendali.

"Kita saat ini berada pada kondisi kasus yang sudah cukup terkendali dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat secara bertahap mulai kembali beroperasi," ujar Wiku melalui channel YouTube BNPB, Selasa (1/6/2021).

Atas perkembangan positif tersebut, pemerintah daerah diharapkan tetap konsisten mempertahankan kinerja penanganan Covid-19. "Saya harapkan pemerintah daerah dapat konsisten mempertahankan kerja keras yang dilakukan, sehingga kasus Covid-19 di daerah dapat terus terkendali, sehingga dapat berkontribusi pada upaya penangan Covid-19 di tingkat pusat," ungkapnya.

Ia kemudian menyampaikan perkembangan penangan Covid-19 pada rentang dua minggu pascaIdulfitri 2021 dibanding dengan Lebaran 2020 lalu. "Jika dilihat dari rentang waktu pascaperiode Idulftri, terjadi kenaikan kasus positif mingguan sebesar 65,55% pada Idulfitri tahun 2020 lalu. Sedangkan kenaikan di tahun ini adalah sebesar 56,6% pada rentang waktu yang sama," bebernya.

Sponsored

Kemudian, sambungnya, jika dilihat dari perkembangan kematian, maka pada Idulfitri 2020 lalu terjadi kenaikan 66,34%. "Sedangkan pada periode Idulfitri ini, justru sebaliknya, terjadi penurunan kematian sebesar 3,52 % pada rentang waktu yang sama," ungkapnya.

Data perbandingan ini, katanya, menunjukkan bahwa dampak pada kenaikan kasus yang ditimbulkan pada dua minggu pascaIdulfitri di tahun ini tidak setinggi pada Idulfitri pada 2020 lalu.

"Pada kematian tahun ini mengalami penurunan pascaIdulfitri," pungkasnya.

Berita Lainnya