logo alinea.id logo alinea.id

Wiranto: Udara kerukunan dan perdamaian mengalir usai Pilpres

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengimbau tidak ada lagi perpecahan seusai pemilihan umum (pemilu).

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 03 Jul 2019 15:28 WIB
Wiranto: Udara kerukunan dan perdamaian mengalir usai Pilpres

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengimbau tidak ada lagi perpecahan seusai pemilihan umum (pemilu) dan seiring dengan keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa hasil pemilu 2019.

Hal itu disampaikan oleh Menko Polhukam saat membuka acara Apkasi Otonomi Expo 2019. Ia mengatakan, meski sempat terjadi gejolak di tengah masyarakat, tetapi hal itu sudah tertangani dengan baik.

“Udara kerukunan dan perdamaian sudah kembali mengalir dalam bumi Indonesia. Setelah kita melalui tahapan demokrasi dalam pemilu terbesar di dunia,” katanya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/6).

Ia pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala daerah yang juga hadir dalam acara tersebut, karena telah berhasil meredam gejolak yang sempat terjadi. Wiranto mengapresiasi penuh langkah langkah yang telah diambil para kepala daerah.

“Terima kasih buat bupati yang telah berhasil meredam gejolak yang sempat terjadi,” ujarnya.

Ia melanjutkan situasi nasional hari ini telah pulih kembali dan aman. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk kembali bersatu padu menjalankan program-program pemerintah yang akan berjalan.

“Situasi nasional hari ini aman. Kompetisi 01 dan 02 sudah tidak ada lagi. Mari masyarakat Indonesia bersatu padu untuk membangun semua program yang dicanangkan oleh pemerintah ke depan,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan, persatuan harus terus dieratkan karena persaingan yang akan dihadapi ke depan bukan lagi persaingan di dalam negeri tetapi persaingan dalam tingkatan global.

Sponsored

“Kembali kita sadari persaingan kita ada di luar sana bukan di dalam. Persaingan di dalam untuk kemaslahatan, kita kompetisi untuk membangun inovasi baru dalam produksi. Boleh. Tapi jangan kita terkotak-kotak karena urusan politik,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Mardani H. Maming dalam sambutannya. Ia mengatakan seusai penetapan presiden dan wakil presiden terpilih sudah tidak ada lagi perpecahan karena perbedaan pilihan.

“Tidak ada lagi perpecahan terhadap pilihan politik, 01 atau 02, yang ada adalah persatuan Indonesia,” ujarnya.

Di saat yang sama, Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, ini juga menyampaikan harapannya agar pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan kepala daerah dengan menaikan tunjangan. 

“Ada satu pekerjaan rumah yang belum diselesaikan APKASI yaitu permintaan peningkatan kesejahteraan. Tunjangan para kepala daerah yang sudah 10 tahun belum ada kenaikannnya,” ujarnya.

Ia pun berharap pemerintah, lewat Menko Polhukam dapat menerima permintaan tersebut untuk kemudian ditindaklanjuti.

“Kami berharap pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan para kepala daerah tersebut,” tuturnya.

APKASI Otonomi Expo sendiri diselenggarakan sebagai upaya untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan di masing-masing daerah dengan mengundang datangnya investasi.

“Kita harapkan Apkasi expo akan berdampak positif terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di setiap daerah Indonesia,” kata Mardani.