logo alinea.id logo alinea.id

Wiranto wacanakan bangun penjara di pulau terluar

Wiranto mengaku sudah menyampaikan idenya kepada Presiden Joko Widodo untuk memindahkan lapas-lapas ini ke lapas baru yang lebih ideal.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Senin, 23 Jul 2018 13:09 WIB
Wiranto wacanakan bangun penjara di pulau terluar

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto mewacanakan menempatkan tahanan koruptor di pulau terluar Indonesia. 

"Masalah utama sebenarnya lokasi lapas itu kebanyakan peninggalan dari zaman Belanda. Pada saat zaman Belanda terletak di pinggir kota, bukan diperkotaan. Akibat perkembangan ekonomi, lapas tersebut akhirnya berlokasi di tengah kota," jelas Wiranto, Senin (23/7) di Kantor Kemenko Perekonomian. 

Itulah yang akhirnya membuat lapas cenderung kehilangan kontrol. Padahal seharusnya lapas menjadi satu lembaga memulihkan orang-orang yang melakukan tindak pindana menjadi masyarakat normal. 

Wiranto mengaku sudah menyampaikan idenya kepada Presiden Joko Widodo untuk memindahkan lapas-lapas ini ke lapas baru yang lebih ideal. Yaitu, menempatkan lapas di pulau terluar bagi mereka yang terlibat narkoba, koruptor, dan terorisme. Indonesia memiliki 17.000 lebih pulau, dan yang dihuni baru sekitar 11.000. Masih ada 6.000 pulau yang bisa dibangun lapas. 

Sponsored

Pemerintah pun sudah memutuskan membangun tiga lapas lagi di lokasi nusa kambangan untuk menampung lapas yang sekarang over kapasitas. Terutama para penindak terpidana yang berhubungan dengan masalah terorisme, narkoba, dan koruptor

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 02:15 WIB
Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Sabtu, 25 Mei 2019 11:56 WIB