sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

WNA China yang hilang di Sangiang bekerja di Wuling Motor

Pencarian tiga WNA asal China yang hilang saat menyelam di sekitar Pulau Sangiang, Serang dimaksimalkan di hari kedua.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Selasa, 05 Nov 2019 13:45 WIB
WNA China yang hilang di Sangiang bekerja di Wuling Motor

Kepolisian menegaskan salah satu WNA asal China yang hilang di Perairan Sangiang, Kabupaten Serang, Banten pada Minggu (3/11) bekerja di PT Wuling Motor Indonesia, produsen mobil Wuling. 

"Itu dari keterangan empat korban (penyelam) yang selamat. Saya belum tahu betul apakah petinggi Wulling. Saya hanya tahu kalau merupakan karyawan Wulling saja," kata Ditpolairud Polda Banten, Kombes Nunung Syaifuddin.

Polairud Polda Banten telah melakukan pemeriksaan terhadap empat korban selamat dalam peristiwa  tersebut. Pihaknya mendalami kronologi dan motif ketujuh turis asing tersebut berada di sekitaran Perairan Sangiang.

"Kalau dari keterangan perwakilan Kedubes China, mereka sudah cukup ahli menyelam. Terkait lisensi (menyelam) kami belum periksa. Kemudian agen kapal yang membawa mereka, apakah sudah berijin, lapor ke Syahbandar dan lain-lain belum juga diperiksa. Agen kapal membantu mencari korban, jadi belum kami periksa," jelasnya.

Pencarian tiga WNA asal China yang hilang saat menyelam di sekitar Pulau Sangiang, Serang dimaksimalkan di hari kedua. Tim gabungan menerjunkan 20 penyelam dan dua unit Remote Operated underwater Vehicle (ROV).

Tim gabungan dari Basarnas Banten, Polair Polda Banten, Lanal Banten menerjunkan sembilan kapal guna melakukan penyisiran mencari tiga warga China, yakni Tan Xuz Tao, Wan Bzng Yang, Tian Yun.

"Kami masih melakukan pencarian, hari ini dari Lanal empat kapal, Polair tiga kapal dan dari kami ada dua kapal," kata Kasubsi Ops Basarnas Banten Heru Amir, Selasa (5/11).

Selain itu, Basarnas juga melakukan pencarian melalui udara menggunakan helikopter Rescue HR-3603 Basarnas, guna mencari ketiganya. Heru berharap, pencarian hari ini membuahkan hasil. 

Sponsored

"Untuk penemuan korban masih nihil. Target pencarian tujuh hari, tetapi kami evaluasi setiap hari," ujarnya.