sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

YAPI sediakan beasiswa bagi 1.000 mahasiswa IPB

53% mahasiswa baru IPB merupakan mahasiswa dengan orang tua berpenghasilan kurang dari Rp3 juta per bulan.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 15 Des 2018 22:15 WIB
YAPI sediakan beasiswa bagi 1.000 mahasiswa IPB
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Yayasan Alumni Peduli Institut Pertanian Bogor (YAPI IPB) menargetkan dapat menyediakan 1.000 beasiswa bagi mahasiswa IPB yang tidak mampu. Berdiri sejak 11 November 2016, sejauh ini YAPI telah mengulurkan dana beasiswa bagi sekitar 300 mahasiswa.

Ketua YAPI Heri Sunaryadi menyatakan, tahun ini dari total mahasiswa yang daftar untuk masuk ke IPB, sebanyak 53% merupakan mahasiswa dengan orang tua yang berpenghasilan kurang dari Rp3 juta per bulan.

"Dari 53% itu, YAPI berimpian bisa menyediakan beasiswa bagi 20% di antara mereka," kata Heri dalam konferensi pers yang digelar di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Sabtu (15/12).

Untuk memenuhi target ini, YAPI menggelar acara penggalangan dana, CSR, dan menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN, seperti PT Jasa Raharja.

Malam ini, untuk pertama kalinya, YAPI menggalang dana berbentuk konser amal bertajuk “Voices That Care”. Konser amal ini dimeriahkan oleh penampilan dari paduan suara mahasiswa IPB Agria Swara.

Ketua panitia konser amal Tjandra Wibowo menuturkan, konser amal ini merupakan bentuk bantuan yang tidak hanya berasal dari para alumni, namun juga dari mahasiswa IPB sendiri.

"Kami mengajak mahasiswa untuk memiliki rasa empati dan berbagi kepada siapapun yang membutuhkan," ujar Tjandra.

Persiapan konser pun terbilang singkat. Pelatih paduan suara Agria Swara Arvin Zeinullah mengatakan, paduan suara binaannya baru mulai berlatih untuk konser ini sejak 29 November 2018.

Sponsored

Sebab, ide untuk menggelar acara penggalangan dana ini pun baru lahir sekitar dua bulan yang lalu. Meski begitu, YAPI berhasil menjual seluruh tiket, dan mendapatkan bantuan berupa donasi dari banyak pihak.

"Sebanyak 750 tiket habis terjual. Yang kita peroleh tidak hanya dari tiket, tapi juga dari sponsor, totalnya sekitar Rp1,5 miliar," kata Tjandra.

Sedangkan untuk penampilan Agria Swara, para mahasiswa membawakan 20 lagu. Beberapa di antaranya adalah Misty ciptaan Johnny Mathis, lagu daerah asal Papua Yamko Rambe Yamko, dan Damai Bersamamu karya Chrisye.

"Intinya lewat lagu-lagu ini mau menyampaikan perasaan berterima kasih, bersyukur, dan ungkapan cita-cita," kata pria yang sudah melatih Agria Swara selama 15 tahun ini.

Berita Lainnya